Resep Kentang Mustofa Kriuk Anti Melempem!

Nasi hangat yang uapnya masih mengepul ditambah kriuknya kentang mustofa dengan bumbu gurih memang tak ada duanya. Membayangkannya saja pasti sudah membuat anda ngiler, kan?

Kentang mustofa merupakan kentang yang dipotong berbentuk korek api, lalu digoreng hingga kering dan ditambahkan bumbu balado. Kentang mustofa ini juga awet disimpan selama berbulan-bulan tanpa melempem. Cocok sekali untuk Anda yang malas masak setiap hari, jadi tinggal ambil saja deh di toples.

Kentang mustofa juga bisa Anda jadikan ide usaha, lho! Modalnya pun tak cukup besar. Membuat kentang mustofa tak amatlah sulit namun memang dibutuhkan kesabaran dalam membuatnya. Kalau begitu mari buat kentang mustofa yang kriuk anti gagal dan melempem. Ikuti langkah-langkah berikut ini, ya!

Bahan:

  • 1 kg kentang
  • 1 liter minyak
  • 3 sdm air asam jawa dari 3 biji asam jawa
  • 8 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ kaldu bubuk
  • 3 lembar daun salam
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 50ml air panas/ secukupnya 
Baca juga  Yogyakarta Siapkan Belajar Tatap Muka di Sekolah
Image: instagram.com/yantiliaw/

Cara membuat:

  1. Kupas kentang lalu cuci bersih. Iris kentang berbentuk korek api dengan parutan, menggunakan parutan agar potongan kentang seragam tidak ada yang besar dan kecil. Potongan kentang yang tidak merata dapat membuat kentangnya juga tidak matang merata, nah itu dia yang jadi penyebab mudah melempem. Kentang yang telah diiris harus dimasukan ke dalam air sampai semua kentang tadi selesai diparut. 
  2. Cuci lagi kentang sampai air rendaman jernih, kurang lebih 5 kali cucian. Supaya getah kentangnya hilang sehingga cepat garing saat digoreng dan lebih awet.
  3. Panaskan 1 liter minyak, semakin banyak minyak maka proses menggoreng semakin cepat pula.
  4. Tiriskan kentang, lalu goreng kentangnya dengan api besar sambil diaduk sesekali. Pastikan seluruh kentang terendam sempurna. Bila ada kentang yang masih lembek anda harus menyortirnya kemudian digoreng kembali.
  5. Bila tekstur kentang sudah mulai mengeras atau setengah matang pindah ke api sedang. 
  6. Tunggu hingga berwarna coklat keemasan, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan cabe merah keriting dengan blender, kemudian sisihkan.
  8. Larutkan 3 buah asam jawa dengan 3 sdm air mendidih, kemudian aduk dan buat biji asam jawanya.
  9. Panaskan minyak secukupnya dan tumis bumbu yang telah diblender hingga harum. Masukan daun salam, garam, kaldu bubuk dan aduk merata, kemudian tambahkan gula pasir. Setelah mendidih tambahkan air asam jawa.
  10. Masak sampai tekstur bumbu seperti caramel dengan api kecil. Harus dipastikan bumbu tak mengandung air agar kentangnya tidak melempem yaitu dengan membesarkan api, jika muncul gelembung yang lebih lebar tidak berbuih kecil seperti diawal dan warnanya sudah kecoklatan berarti bumbu sudah siap.
  11. Masukan kentang ke dalam bumbu, aduk kentang hingga sampai semua bumbu menempel rata.
  12. Jeberkan di atas nampan hingga dingin, setelah itu simpan di toples anda.
Baca juga  Trik Makeup Untuk Perempuan Berkacamata

Kentang mustofa yang kriuk siap meluncur ke atas piring anda! Kentang mustofa ini awet sampai 2 bulan dan tidak melempem. Selamat mencoba, Scarf Lover! 

(JH)

Translate »