Malas Ganti Sikat Gigi, Ini Bahaya yang Mengintai

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rajin menyikat gigi setiap pagi dan malam. Namun tentunya tidak hanya sebatas menyikat gigi, Anda juga perlu memerhatikan rutinitas penggantian sikat gigi secara berkala.

Pertanyaannya, kapan terakhir kali Anda mengganti sikat gigi?

Meski terlihat sederhana dan tidak bermasalah, ternyata tidak demikian lho, Scarf Lover. Karena sangat penting untuk Anda rutin mengganti sikat gigi.

image: unsplash

Mengutip Well + Good, seorang dokter gigi dari New York, Inna Chern mengatakan bahwa Anda harus mengganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan sekali. Tujuannya untuk menghindari kerusakan bulu, kerusakan email dan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Baca juga  Yuk Intip! Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu masalah paling umum yang dapat terjadi jika malas ganti sikat gigi adalah menyebabkan bau mulut yang parah.

“Jika Anda tidak mengganti sikat dalam waktu yang disarankan, bulu sikat bisa menjadi kusut. Bulu sikat yang rusak kurang efektif dalam menghilangkan plak dan sisa makanan di sekitar gigi,” ujarnya.

Apabila sikat gigi tidak efektif membersihkan plak pada gigi, maka akan menimbulkan bakteri yang berlebih sehingga menyebabkan bau mulut. Selain itu, sikat gigi yang tidak pernah diganti akan menyebabkan radang pada gusi dan berakhir infeksi.

Baca juga  Cara Mengucapkan Nama Beauty Brand Luar Negeri, Anda Sudah Benar Belum?
image: unsplash

Agar rutinitas mengganti sikat gigi menjadi lebih rajin, Anda bisa membeli beberapa sikat gigi sekaligus, alhasil jika ternyata sikat gigi sudah megar, Anda tidak punya alasan untuk malas ke supermarket hanya untuk membeli sikat gigi baru, karena sudah ada simpanan lainnya.

Pastikan pula Anda menandai di kalender jadwal mengganti sikat gigi agar tidak terlupa. Ini adalah salah satu kedisiplinan lain demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

(AA)

Translate »