Yuk Intip! Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang hitam adalah bawang yang dihasilkan dari pengawetan bawang putih pada suhu 60-76 derajat Celcius selama tiga hingga empat minggu.

Pengawetan ini menimbulkan reaksi Maillard, di mana terjadi proses kimia antara asam amino dan gula pereduksi yang membuat warna, tekstur, aroma, serta rasa bawang berubah.

Nah, di balik warnanya yang ‘gelap’, ternyata black garlic menyimpan banyak khasiat luar biasa lho bagi kesehatan tubuh Anda. Mulai dari menjaga berat badan, mencegah kanker, hingga mengobati sakit gigi, semua bisa didapatkan dari bawang hitam. Untuk mengetahui lebih lanjut khasiatnya, yuk kenali manfaat bawang hitam berikut ini!

image: tokopedia

1. Kaya akan nutrisi

Bawang hitam merupakan obat alami atau herbal yang memiliki sangat banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Black garlic bisa memenuhi kebutuhan harian untuk vitamin C (71 persen), kalsium (25 persen), zat besi (13 persen), karbohidrat (15 persen), hingga kebutuhan serat (11 persen).

2. Mengurangi gula darah

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa manfaat bawang hitam dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Hal ini karena bawang hitam dapat membantu meningkatkan produksi insulin yang berguna untuk mengurangi kadar gula darah.  Jika Anda memiliki gula darah yang tinggi, coba lah mengonsumsi bawang hitam agar gula darah Anda bisa stabil.

Baca juga  Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Sahur bagi Tubuh

3. Mencegah kanker

kandungan diallyl sulfida yang terdapat di black garlic dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Bawang hitam menurunkan molekul JNK dan p38MAPK yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Manfaat black garlic di adalah sebagai ‘racun’ yang merusak, menghambat pertumbuhan, dan mematikan sel kanker.

4. Menstabilkan tekanan darah

Khasiat bawang hitam lainnya juga dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin, tekanan darah tinggi dapat berkurang hingga 8 persen.

5. Menjaga berat badan ideal

Jika Anda sedang mengalami berat badan berlebihan, bawang hitam akan sangat membantu. Karena, khasiat bawang hitam lainnya adalah ia dapat menurunkan resiko obesitas. Kandungan zat anti inflamasi yang terkandung di dalam bawang hitam dapat mengatur lemak tubuh, agar tidak mengalami berat badan yang berlebihan.

6. Mengcegah kepikunan

Black garlic mencegah kita dari penyakit karena faktor usia, yakni demensia atau alzheimer. Mengonsumsi bawang hitam mampu menjaga kesehatan otak kita dan menghindari kerusakan saraf. Dengan begini, Anda akan terhindar dari risiko kepikunan.

7. Menghilangkan bekas luka

Bawang hitam mampu menghilangkan noda bekas luka. Oleskan bawang hitam halus ke bagian bekas luka, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dengan rutin, maka Anda akan kembali percaya diri tanpa adanya bekas luka di kulitmu.

Baca juga  Mempunyai Keinginan yang Ingin Dikabulkan, Lakukan Cara ini

8. Membersihkan komedo dan mengatasi jerawat

Jika Anda punya masalah terhadap komedo di hidung yang mengganggu, manfaatkanlah bawang hitam. Anda bisa menghaluskan black garlic dan kemudian oleskan di sekitaran wajah berkomedo, maka hasilnya akan mulus. Selain mengatasi komedo, manfaat black garlic untuk kecantikan wajah lainnya, yaitu mengatasi jerawat. Satu siung bawang putih yang dihaluskan bisa kamu oleskan di jerawat untuk membuatnya mengempis dan perlahan menghilang.

9. Menurunkan dampak alergi

Jika Anda memiliki keluhan alergi dalam kondisi tertentu atau mengonsumsi sesuatu, black garlic bisa membantu mengatasinya. Studi membuktikan bahwa bawang hitam mampu menurunkan reaksi alergi pada tubuh Anda.

10. Mengobati sakit gigi

Anda yang suka menderita sakit gigi, bawang hitam bisa menjadi solusi untuk mengobatinya. Hal ini karena black garlic memiliki sifat anti bakteri dan anti virus. Dengan mengonsumsi bawang hitam, bakteri penyebab gigi berlubang di dalam mulut akan mati.

Inilah beberapa manfaat yang harus Anda ketahui Scarflovers, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang ilmu kesehatan.

(DT)

Translate »