Cara Agar Anda Menjadi Lebih Percaya Diri dalam Menjalani Hidup

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tidak ada manusia yang diciptakan secara sempurna di dunia ini. Anda tidak perlu lagi untuk tidak yakin dengan segala kemampuan, kualitas, dan penilaian seseorang.  

Namun apakah Scarf Lover sudah tahu bahwa kepercayaan diri itu baik untuk kesehatan dan kesejahteraan psikologis. Dengan memiliki tingkat kepercayaan diri dalam batas wajar dapat membantu Anda menjadi sukses dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Tidak hanya itu Scarf Lover, dengan percaya diri Anda menjadi lebih berani dalam mencoba hal baru, kualitas kerja jadi lebih baik, memiliki ketahanan tubuh lebih kuat ketika menghadapi berbagai cobaan dalam hidup dan dapat meningkatkan hubungan karena beranggapan bahwa masing-masing orang memiliki prioritas kebutuhan dan emosi mereka sendiri.

Melatih untuk lebih percaya diri memang bukan sesuatu hal yang mudah. Tapi perlu diingat, ini semua bisa Anda lakukan dengan membiasakan hal berikut :

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setelah melihat kehidupan seseorang melalui sosial media  membuat Anda menjadi membandingkannya pada diri. Entah masalah pekerjaan, kecantikan, gaji, karir dan hal lain yang menurut Anda itu semua tidak dimiliki. Namun perlu diingat, itu merupakan sesuatu yang tidak sehat.

Karena menurut sebuah penelitian tahun 2018 yang diterbitkan di Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara rasa iri dan perasaan Anda terhadap diri sendiri. Peneliti mengungkapkan Jika ini dibiarkan terus menerus bisa mengikis kepercayaan diri dan menjadi lingkaran setan.  Mulai sekarang, cobalah untuk tidak membanding-bandingkan kehidupan Anda dengan orang dengan lebih bersyukur, menjauhi orang yang suka membanding-bandingkan dan bergabung dengan orang yang bisa saling mendukung.

Baca juga  Berdosakah Suami Sembunyikan Uang dari Istri?

2. Jaga Tubuh Anda

Selain melatih diri dari dalam hati agar tidak iri dengan kehidupan orang lain, Anda juga perlu membentuk kepercayaan diri dari luar dengan menjaga tubuh dan melakukan perawatan diri seperti diet atau makan-makanan yang baik dan melakukan olahraga.

Menurut sebuah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam Neuropsychiatric Disease and Treatment menjelaskan, bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan citra tubuh peserta sehingga membuat mereka merasa lebih percaya diri. Tidak hanya itu, Anda dapat melakukan perawatan diri dengan tidur yang cukup. Karena kualitas tidur yang baik dikaitkan dengan ciri-ciri kepribadian yang positif dan optimisme.

image: pexels

3. Berbicara yang positif untuk diri

Daripada menyalahkan diri sendiri atas segala kegagalan yang tidak sesuai harapan, sebaiknya berbicara pada diri Anda di depan cermin bahwa Anda sudah melakukan yang terbaik versi diri.

Dengan melakukan ini, Anda jadi lebih bersahabat dengan diri sendiri dan menerima kekurangan serta mengetahui kelebihan pada diri. Karena dengan Anda berkata yang negatif pada diri itu tidak ada manfaatnya dan bisa membuat Anda jadi gapercaya diri sehingga gamau mencoba lagi dikemudian hari. Mulai sekarang, cobalah berkata:

  •  “Saya bisa mengatasinya” , 
  • “Yang harus saya lakukan hanyalah mencoba urusan hasil belakangan”, 
  • “Saya hebat karena sudah berani mencoba”, atau
  • “Kesempatan tidak datang 2x”
Baca juga  Pentingnya Taubat Bagi Umat Manusia

Dari setiap kegagalan yang telah Anda coba, akan melatih diri dari rasa cemas dan menilai sebuah kegagalan adalah hal yang wajar dan tidak seburuk yang difikirkan.

4. Merangkul diri Sendiri

Sejatinya, yang mengenal diri kita adalah diri kita sendiri bukan orang lain bahkan teman terdekat sekalipun. Karena, kitalah yang menjalani semua proses mulai dari pra hingga pasca sebuah keadaan.  Dengan merangkul berbagai keraguan pada diri sendiri dapat membantu Anda tampil lebih baik. 

Menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Psychology of Sport and Exercise menemukan bahwa atlet yang memiliki keraguan diri mengungguli atlet yang 100% percaya diri. Dari sini kita mengetahui bahwa Anda tidak harus bersiap atau berlatih. Namun jangan menjadi Anda kelebihan kepercayaan sehingga membuat Anda tidak belajar ketika ingin ujian. Gunakan kepercayaan diri dalam ukuran yang sehat agar Anda jadi lebih baik dari sebelumnya.

(TS)

Translate »