Ragam Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Apakah Scarf Lover penggemar rumput laut? Jika iya, beruntunglah, makanan yang satu ini adalah makanan yang kaya akan nutrisi, lho! 

Rumput laut adalah istilah umum yang mengacu pada sejumlah alga dan tumbuhan laut yang tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia. Ada banyak jenis yang berbeda, termasuk rumput laut merah (Rhodophyta), hijau (Chlorophyta), biru-hijau, dan coklat (Phaeophyceae). Beberapa jenis rumput laut yang dapat dimakan dan yang paling umum meliputi:

  • Wakame
  • Dulse
  • Kombu
  • Kelp
  • Sea lettuce
  • Nori
  • Arame
  • Chlorella

Meskipun rumput laut tumbuh di semua wilayah berbeda di dunia, mereka paling banyak ditemukan di masakan Asia, di mana mereka disajikan dalam sushi, salad, sup, dan semur. Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang dapat Scarf Lover dapatkan dari mengonsumsi rumput laut, sebagaimana yang dilansir dari healthline.com.

Manfaat: 

1. Menyehatkan tubuh

Rumput laut adalah sumber yodium yang sangat baik, mineral penting yang memainkan peran penting dalam kesehatan tiroid. Tubuh tidak membuat yodium sendiri, jadi Anda perlu mendapatkannya dari sumber makanan atau suplemen, yaitu bisa dari rumput laut ini.

2. Meningkatkan fungsi tiroid

Tiroid adalah tempat penyimpanan hormon yang mengatur berbagai fungsi tubuh kita, termasuk detak jantung. Ya, tiroid Anda memainkan peran penting dalam kesehatan Anda secara keseluruhan, dan yodium memainkan peran penting dalam kemampuannya untuk berfungsi dengan baik. Yodium yang tidak mencukupi berarti tiroid Anda tidak dapat menghasilkan cukup hormon tiroid, yang mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk metabolisme. Jika Anda tidak mendapatkan cukup yodium, Anda mungkin mengembangkan gondok. Kekurangan yodium juga dapat memengaruhi anak-anak selama perkembangan, baik di dalam rahim maupun selama masa kanak-kanak.

Baca juga  Mau Barbeque di Rumah? Intip Rekomendasi Panggangan yang Bisa Dicoba

3. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Rumput laut memiliki carrageenans, agars, fucoidans, yang bertindak sebagai prebiotik, serat yang tidak dapat dicerna yang memberi makan bakteri sehat di saluran pencernaan Anda. Polisakarida tersulfasi (gula yang ditemukan dalam rumput laut) membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan meningkatkan asam lemak jangka pendek yang menjaga lapisan usus Anda tetap sehat.

4. Meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan rumput laut dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan kadar kolesterol total. 

5. Menstabilkan kadar gula darah.

Rumput laut coklat mengandung fucoxanthin, yaitu antioksidan yang memberi warna pada sayuran. Antioksidan mungkin berperan dalam membantu meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga  Tips Posisi Menyusui “Side Lying” di Berbagai Situasi

6. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi resiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rumput laut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan melawan virus dan mencegahnya masuk ke sistem Anda. selain itu rumput laut juga dapat mengurangi resiko kanker. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu. Ini dapat menurunkan kadar estrogen, yang dapat mengurangi risiko kanker payudara. 

Nutrisi

Meskipun kandungan nutrisi rumput laut bervariasi berdasarkan di mana Ia tumbuh dan jenisnya, semuanya mengandung profil vitamin dan mineral yang sehat. Sebagian besar rumput laut mengandung nutrisi seperti:

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B1
  3. Vitamin B2
  4. Vitamin C
  5. Vitamin E.
  6. Vitamin K.
  7. Kalsium
  8. Folat
  9. Kalium
  10. Besi
  11. Mangan
  12. Tembaga
  13. Antioksidan berupa vitamin tertentu (A, C, dan E) dan pigmen pelindung. 
  14. Memiliki jumlah yodium yang cukup, mineral yang sangat penting untuk kesehatan dan fungsi tiroid. 
  15. Beberapa rumput laut, seperti bejana ungu, mengandung banyak B12 juga.

(AR)

Translate »