Cara Ampuh Meredakan Sakit Gigi di Malam Hari

Pernahkah Anda merasakan sakit gigi yang muncul tiba-tiba saat malam hari? Pasti rasa sakitnya tidak tertahankan bukan? Sakit gigi di malam hari tentunya sangat mengganggu dan membuat tidur jadi tidak nyaman. Untuk meredakan rasa sakitnya, Anda bisa melakukan beberapa cara ini dijamin ampuh dan bisa kembali tidur nyenyak!

image: freepik

 

  1.   Obat nyeri mulut

Cara cepat dan sederhana untuk meredakan sakit gigi adalah dengan mengkonsumsi obat nyeri over-the-counter (OTC) acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil). Cara ini efektif meredakan sakit gigi ringan hingga sedang. Konsumsi sesuai dosis yang dianjurkan dalam kemasan ya.

 

  1.   Kompres dengan air dingin atau es

Menggunakan kompres dingin bisa membantu redakan rasa nyeri akibat sakit gigi. Caranya yaitu letakkan sekantong es yang dibungkus handuk ke sisi wajah atau rahang tempat sakit gigi yang terasa nyeri berada. Hal ini dapat membantu dapat menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi rasa nyerinya, dan Anda pun dapat kembali tidur tanpa gangguan rasa sakit.

Baca juga  5 Jenis Sayuran yang Disukai oleh Rasulullah, Baik untuk Kesehatan Tubuh

 

  1.   Berkumur dengan air garam

Cara mudah dan paling umum dipakai ketika sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Air garam adalah antibakteri alami yang efektif mengurangi nyeri akibat peradangan. Hal ini juga dapat membantu melindungi gigi rusak dari infeksi.

 

  1.   Menggunakan teh pappermint

Cara meredakan sakit gigi lainnya yaitu menggunakan teh peppermint. Para peneliti mengatakan bahwa peppermint mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan. Kandungan menthol yang ada pada peppermint juga memiliki efek mati rasa ringin yang dapat meredakan area sensitif sakit gigi.

Baca juga  Malas Keluar Rumah Tapi Ingin Burger Vegan? Begini Cara Buatnya!

 

  1.   Tidur dengan bantal tinggi

Saat sakit gigi, posisi tidur berbaring akan membuat darah mengalir ke kepala sehingga menyebabkan rasa nyeri dan tekanan yang makin intens. Bagi sebagian orang, meninggikan kepala dengan satu atau dua bantal tambahan saat tidur mungkin cukup meredakan sakit tersebut, dan membuat mereka bisa tertidur.

 

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi sakit gigi yang muncul di malam hari. Jika rasa sakit dan nyerinya tidak kunjung reda, Anda bisa segera periksa dokter atau klinik gigi ya.

 

(IN

Translate »