Kenali Jenis Air Mata Anda dan Manfaatnya!

Menangislah sesuka Anda karena turunnya air mata merupakan hal yang wajar. Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO) Anda tidak akan kehabisan air mata karena air mata diproduksi setiap 15 hingga 30 galon air mata setiap tahun. Salah satu kandungan yang membuat air mata tersebut terasa asin yang khas yaitu dari natriumnya. 

Awalnya air mata ini diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang terletak di atas mata. Kemudian Air mata tersebut menyebar ke seluruh permukaan mata saat Anda berkedip dan mengalir ke lubang kecil di sudut kelopak mata atas dan bawah Anda sebelum melakukan perjalanan melalui saluran kecil dan ke saluran air mata ke hidung Anda.

Namun,tidak semua air mata itu sama. Mengutip laman healthline.com, berikut jenis beserta fungsinya.

image: pexels

1. Air Mata Basal

Air mata basal merupakan jenis air mata yang selalu ada pada mata Anda. Biasanya, Anda akan menghasilkan lebih sedikit air mata basal seiring bertambahnya usia. Itulah sebabnya mata kering lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.Hal ini terutama berlaku untuk wanita setelah menopause karena perubahan hormonal. Fungsi dari air mata basal ini untuk menjaga mata agar tetap dilumasi agar tidak kering dan bernutrisi.

Baca juga  Begini Cara Tepat Membedakan Flu dan COVID-19 pada Anak

2.Air Mata Refleks

Air mata refleks biasanya terjadi dari faktor luar. Seperti saat Anda mengupas bawang,terkena debu,atau melihat layar komputer yang terlalu lama. Salah satu alasan ketika mengupas bawang membuat Anda mengeluarkan air mata ialah, adanya Syn-propanethial-S-oxide yang merupakan gas sehingga menyebabkan mata Anda menangis saat memotong bawang. Saat itu mata secara tidak sengaja atau refleks mengeluarkan air mata yang berfungsi melindungi mata dari iritan tersebut.

Baca juga  Cara Membuat Alis On Fleek Tanpa Harus Dicukur

3. Air Mata Emosional 

Air mata ini dihasilkan ketika Anda sedang merasa emosi,senang atau hal lain yang sifatnya lebih intens pada diri Anda. Meskipun tujuan dari air mata emosional masih diteliti, namun diyakini air mata ini dipengaruhi oleh faktor biologis, sosial, dan psikologis. Bahkan, beberapa peneliti percaya bahwa menangis adalah sinyal sosial untuk mendapatkan bantuan dari orang lain saat Anda kesakitan, sedih, atau merasa tertekan oleh keadaan.

Terdapat bukti bahwa air mata emosional mengandung protein dan hormon tambahan yang tidak ditemukan pada dua jenis air mata lainnya. Ini mungkin memiliki efek relaksasi atau menghilangkan rasa sakit yang dapat meringankan keadaan Anda usai menangis.

Scarf Lover lebih sering merasakan air mata yang mana? Semoga Air mata bahagia ya. (TS)

Translate »