Antisipasi Pencurian Data Kartu Kredit dengan Dompet Anti Radiasi

Cara baru oknum terhadap pencurian data rahasia seperti kartu kredit secara digital semakin marak terjadi. Perkembangan teknologi dan keamanan yang meski diperketat tetap memungkinkan terjadinya aksi copet digital. 

Kini sejumlah kartu kredit terbaru memiliki sebuah chip khusus yang bisa menangkap gelombang radio. Melansir dari laman Wikipedia, teknologi tersebut bernama RFID (Radio Frequency Identification), sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu 

Baca juga  Sering Merasa Pusing Saat Berdiri? Ini Dia Penyebabnya
Image: www.jakartanotebook.com

RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID berisi informasi yang disimpan secara elektronik dan dapat dibaca hingga beberapa meter jauhnya. Sistem pembaca RFID tidak memerlukan kontak langsung seperti sistem pembaca kode batang.

Namun, teknologi canggih tersebut tetap memungkinkan terjadinya pencurian data rahasia kartu kredit Anda, dengan hanya berdiri di dekat Anda sambil meletakkan sebuah pemindai ke dompet Anda. Mereka bisa mengakses secara menyeluruh dan memanfaatkan aktivitas kartu kredit yang bisa berdampak pada pemakaian di luar batas. 

Baca juga  5 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Untuk itu, Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menyarankan pemakaian dompet anti radiasi yang mampu memblokir frekuensi radio. Cara lain, Anda bisa memanfaatkan aluminium foil pembungkus rokok atau makanan untuk melapisi bagian dalam dompet/kartu. Dengan begitu tidak ada alat EDC atau alat pemindai yang bisa membaca kartu tersebut.

(BR)

Translate »