8 Cara Mudah Kurangi Makan Daging

Ada banyak alasan orang-orang untuk mengurangi makan daging, entah itu karena takut dengan kandungan lemaknya, takut kolesterol, diet, atau bahkan mereka berusaha untuk hidup dengan tidak sama sekali makan daging.

Semua hal-hal di atas adalah wajar, dan Scarf Lover tidak perlu khawatir berlebihan, kuncinya adalah mengambil langkah-langkah kecil, seperti delapan tips cerdas di bawah ini yang dilansir dari self.com, berikut ini penjelasannya.

1. Rencanakan makanan sehat

Menghadirkan menu seimbang dan bergizi dengan cepat dapat menjadi sulit. Hal itu dapat terasa lebih sulit ketika makanan terbiasa dengan makanan seperti junk food.

Namun, untuk melakukan perubahan tentunya harus ada perencanaan. Nah, untuk membuat makanan Anda mengenyangkan dan memuaskan, pastikan untuk memasukkan sumber protein, karbohidrat kaya serat, dan lemak sehat. Anda bisa mencobanya dari hal-hal sederhana, misalnya sayur sup dengan tidak memakai daging, tumis buncis, dan lain sebagainya.

2. Mulailah dengan hanya satu hari tanpa daging dalam seminggu

Sesuatu yang tidak biasa memang perlu dilakukan dengan perlahan-lahan, begitu juga untuk tidak memakan daging. “Mulailah dengan setidaknya satu hari dalam seminggu di mana Anda tidak makan daging. Kemudian setiap minggu, tambahkan satu hari tanpa daging lagi,” ungkap seorang ahli diet, Bansari Acharya, M.A., R.D.N.

Baca juga  5 Jenis Tas yang Harus Ada di Koleksi Anda

Perbanyak makan sayuran adalah pilihan yang tepat, dan yang paling penting, perbanyak pula minum air putih setiap harinya.

3. Manfaatkan sarapan

Makanan pertama pada pagi hari cenderung paling mudah dibuat tanpa daging — atau bahkan sepenuhnya nabati. Cobalah dengan potongan buah dan kacang-kacangan dan susu nondairy, pancake gandum dengan mentega kacang, burrito sarapan vegetarian, atau tahu orak dengan jamur dan sayuran. Mengetahui bahwa Anda sudah memulai dengan makan tanpa daging saat sarapan dapat membantu Anda melanjutkan diet dan memilih lebih banyak pilihan nabati saat makan siang dan makan malam.

4. Pikirkan tentang menambah sayuran

Tambah porsi sayuran ataupun nabati di piring Anda. Piring sajian makanan sudah penuh dengan sayuran dan nabati akan membuat Anda tidak muat menaruh daging di piring. 

image: pixabay

5. Ganti dengan tahu atau tempe

Tahu dan tempe sejauh ini merupakan alternatif paling serbaguna untuk menggantikan daging dan unggas, kata ahli diet olahraga nabati Kelly Jones, M.S., R.D., C.S.S.D. Meskipun terkenal memiliki reputasi hambar, mudah untuk membuatnya terasa enak. 

Cobalah memanggang irisan tahu yang diasinkan di dalam oven dan menambahkannya ke sandwich atau salad. “Atau jika Anda ingin tahu benar-benar renyah tanpa digoreng, masukkan tahu yang sudah dipotong dadu ke dalam satu sendok makan tepung jagung sebelum dipanggang atau ditumis,” saran Jones.

Baca juga  Mengenal Autoimun, Penyakit yang Diidap Jessica Iskandar

6. Pilih makanan ringan yang bergizi

Banyak camilan nabati dapat Anda sajikan untuk makan siang atau makan malam dengan mudah. Anda dapat mencoba dengan camilan seperti kacang almond, oat nabati, dan lain sebagainya. Anda dapat sesuaikan dengan selera.

7. Anggaplah kacang lentil seperti daging giling

Kacang lentil diketahui banyak sekali kandungan manfaatnya. Ini adalah cara yang bagus untuk tetap menggunakan jenis makanan favorit Anda: Mulailah dengan mengganti setengah dari daging giling atau kalkun dalam resep seperti cabai, lasagna, paprika isi, atau isian taco dengan jumlah yang sama dari lentil coklat atau hijau yang dimasak, kata Jones. Kacang cepat dimasaknya dan memiliki tekstur lembut.

8. Berteman dengan seorang teman yang juga ingin mengurangi makan daging

Berteman dengan teman yang berpikiran sama dapat membantu Anda tetap bertahan, kata ahli diet vegan Rhyan Geiger, R.D.N. Seseorang yang sudah menjalani gaya hidup sehat tanpa daging dapat berbagi saran tentang hal-hal yang Anda coba cari tahu, jadi dapat lebih termotivasi terus.

(AR)

Translate »