Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bisa menjadi tantangan bagi sebagian orang. Terkadang Anda mungkin merasa telah membuat pilihan gaya hidup sehat, namun ternyata masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan. Mungkin yang Anda lakukan salah, sehingga berat badan tidak kunjung turun.

Melansir dari healthline, ini beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat mencoba menurunkan berat badan.

Berfokus hanya pada skala


Saat ingin menurunkan berat badan, biasanya Anda berfokus pada skala angka berat badan Anda saja. Namun perlu diketahui bahwa berat badan dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk fluktuasi cairan dan jumlah makanan yang tersisa di sistem Anda.

Jika mungkin angka pada timbangan tidak bergerak, mungkin Anda kehilangan massa lemak tetapi tetap berpegang pada air. Selain itu, jika Anda telah berolahraga, Anda mungkin mendapatkan otot dan kehilangan lemak. Jadi jangan hanya berfokus pada timbangan angka saja.

Baca juga  Penting! Siasat Mengontrol Pengeluaran untuk Berbelanja

 

Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit kalori
Saat menurunkan berat badan, defisit kalori memang diperlukan. Hal ini berarti Anda perlu memerhatikan berapa kalori yang masuk dan kalori yang terbakar. Biasanya orang seringkali salah  memperkirakan jumlah kalori dalam makanan.

Kunci agar berat badan turun adalah dengan makan ukuran sedang dengan kalori yang pas. Makan dengan asupan kalori yang terlalu sedikit juga dapat berpengaruh pada hilangnya otot dan dapat memperlambat metabolisme.

 

Baca juga  Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Tidak berolahraga atau berolahraga terlalu banyak
Olahraga merupakan hal penting yang harus dilakukan apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Selama penurunan berat badan, Anda pasti kehilangan beberapa massa otot dan juga lemak, meskipun jumlahnya tergantung pada beberapa faktor.

Jika Anda tidak berolahraga sama sekali sambil membatasi kalori, Anda cenderung kehilangan lebih banyak massa otot dan mengalami penurunan tingkat metabolisme.

Namun, olahraga yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah. Studi menunjukkan olahraga berlebihan tidak berkelanjutan dalam jangka panjang bagi kebanyakan orang dan dapat menyebabkan stres. Selain itu, ini dapat berdampak negatif pada hormon endokrin, yang membantu mengatur fungsi di seluruh tubuh Anda.

(HV)

Translate »