Ternyata Kulit Jeruk Punya Banyak Manfaat

Jeruk adalah salah satu buah paling populer, tetapi kulit buahnya adalah hal yang berbeda sama sekali. Tahukah kamu bahwa ternyata kulit buah adalah bagian yang paling sehat dari seluruh buah? Selain untuk mengharumkan ruangan dan Anda bertanya-tanya apa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan.

Jeruk sebenarnya adalah bagian paling sehat dari buah utuh. Hal yang mengejutkan, penelitian mengatakan bahwa kulit jeruk kaya akan senyawa flavonoid dan beberapa phytochemical penting lainnya yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sementara daging buah jeruk mengandung sekitar 71 miligram vitamin C, sedangkan kulitnya mengandung lebih dari 136 miligram.

Kulitnya juga penuh dengan senyawa seperti kalsium, magnesium, folat, vitamin A dan vitamin B lainnya, dan serat makanan. Inilah manfaatnya kulit jeruk bagi kesehatan.

image: resplash

1. Kulit Jeruk Membantu Mencegah Kanker

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk menghambat protein (disebut sebagai RLIP76) yang terkait dengan kanker. Kulitnya juga mengandung senyawa lain yang disebut limonene, yang dapat mengurangi risiko kanker. Penelitian lain berbicara tentang kemanjuran kulit jeruk secara umum dalam mencegah aktivitas kanker.

Baca juga  Produk Skincare Dengan Kandungan Berbahan Dasar Buah Semangka

2. Meningkatkan Kesehatan Paru

Vitamin C yang sangat baik, kulit jeruk membantu membersihkan paru-paru. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menangkal dan mencegah infeksi paru-paru. Kulit Jeruk bisa membantu kamu mengeluarkan dahak dengan membersihkan paru-paru. Imunitas yang ditingkatkan juga mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

3. Memperkuat Jantung

Flavonoid yang disebut hesperidin, telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah. Kulit jeruk juga memiliki sifat anti-inflamas dan karena penyakit jantung disebabkan oleh peradangan, kulit jeruk dapat membantu dalam memperkuat jantungmu. Kumpulan senyawa lain dalam kulit jeruk adalah flavon polymethoxylated, yang menurunkan kadar kolesterol lebih baik daripada obat tertentu.

Baca juga  Ini Alasannya Anda Harus Kurangi Junk Food

4. Bantuan Dalam Menurunkan Berat Badan

Jeruk mengandung kalori rendah, yang merupakan salah satu alasan jeruk menjadi tambahan yang bagus untuk diet kamu. Dan kulitnya dipenuhi dengan serat makanan, yang mengendalikan nafsu makan dan membuat kamu enggan makan. Kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang dikenal membantu membakar lemak.

5. Membuat Kulit Glowing

Kulit jeruk dianggap sebagai anugerah bagi kulit wajah, karena mencegah komedo, sel-sel kulit mati, jerawat, dan noda hitam. Masker wajah dengan bubuk kulit jeruk serta yogurt akan membantu kamu untuk mengatasinya. Kulit jeruk juga bermanfaat untuk mencerahkan wajahmu. Kamu dapat menambahkan susu pada masker bubuk kulit jerukmu, untuk membuat kulit glowing yang ekstra atau untuk menghilangkan noda hitam pada wajah.

Itulah beberapa manfaat kulit jeruk Scarflovers. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda. (DT)

Translate »