Habiskan Weekend dengan Mengunjungi Wisata Alam di Bogor

Bogor begitu banyak menyajikan berbagai macam wisata alam, banyak masyarakat bagik di dalam atau pun di luar kota berdatangan untuk menikmati akhir pekan dengan menghirup udara segar yang berasal dari alam. Karena letak kota Bogor tak jauh dari ibu kota banyak dan dapat ditembuh hanya dengan beberapa jam saja maka tak jarang banyak masyarakat Jakarta menghabiskan akhir pekan di Bogor sebelum besok harus kembali berkativitas. Bogor menyajikan begitu banyak tempat wiasata alam mulai dari berbagai macam jenis curug yang dapat memanjakan Anda dan masih banyak wisata alam lainnya.

Mugkin Scarf Lover sudah tak asing lagi mendengar kata curug yang terkadang banyak yang berlibur ke curug khususnya warga DKI Jakarta yang lokasinya dekat dengan Bogor yang memiliki banyak curug yang indah dan menarik untuk dikunjungi, tapi sebelumnya apakah Anda mengetahui apa itu curug?

Curug merupakan bahasa sunda yang artinya air terjun. Curug formasi geologi berasal dari arus air yanag mengalir melewati suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh kebawah berasal dari ketinggian.

Baca juga  Pilihan Fitur Tiket.com yang Mempermudah Anda Berwisata

Curug Cilember

image: unsplash

Curug Cilember ini memiliki 7 air terjun yang bertingkat. Tingkatan paling bawah adalah curug ke 7 dan paling atas adalah curug ke 1. Lokasi curug cilember ini di desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Bogor atau sekitar 20 Km jika Scarf Lover dari Kota Bogor. Sesampainya dilokasi Anda harus menulusuri jalan setapak dengan pohon-pohon disekitarnya. Teruslah berjalan maka Anda akan menemukan kios pedangan dan taman kupu-kupu yang merupakan bagian dari obyek wisata curug cilember. Jika Anda ingin yang lebih menantang cobalah untuk menuju curug ke 1, akan tetapi Anda harus berhati-hati mengingat jalanya yang cukup sulit dan licin.

Curug Luhur

image: Curug Luhur Bogor Photo by @Explore Wisata

Di kawasan Gunung Salak ada sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter bernama Curug Luhur. Yang menarik curug ini memiliki dua buah air terjun yang sejajar. Menurut warga setempat dulu hanya memiliki air terjun saja namun masyarakat setempat membuat cabang sungai baru sehingga air yang mengalir dari atas tebing ini menjadi dua. Secara administratif Curug Luhur berada di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Bogor. Debit airnya lumayan deras dan air yang mengalir di curug ini menjadi sumber air bagi warga setempat.

Baca juga  Mothercare Buka Gerai di Grand Indonesia

Curug Kiara

image: instagram.com/yudieyudiestra

Untuk bisa menikmati air terjun nan indah di antara jepitan tebing yang menjulang diperlukan usaha yang tidak mudah. Scarf Lover harus menuruni tangga bambu yang licin dengan kemiringan 90 derajat! Jadi kewaspadaan dan kehati-hatian amat diperlukan. Namun semua usaha tersebut sama sekali tak akan sia-sia. Selain sepi, di sini suasananya benar-benar terasa masih alami. Udaranya sejuk, aliran airnya begitu adem dan jernih,bahkan seolah kita sedang berada di sebuah hutan purba.

(AP)

Translate »