Manfaat Melukis untuk Balita

Di masa balita, biasanya mereka senang melakukan kegiatan-kegiatan baru untuk meningkatkan perkembangan otaknya. Banyak pilihan kegiatan yang dapat Scarf Lover lakukan bersama si kecil, salah satunya adalah melukis.

Melukis menjadi kegiatan yang menyenangkan dengan mencampurkan berbagai macam warna. Selain menyenangkan, ternyata melukis juga memiliki manfaat positif untuk balita, loh. Melansir ecokidsart.com, berikut manfaatnya.

1. Membangun Koordinasi Mata dan Tangan

Saat melukis, balita akan belajar membuat sapuan kuas cat kecil dengan tangan. Hal tersebut akan membantu mereka memperoleh kendali gerakan motorik halus.

2. Membangun Bahasa Seni

Baca juga  Ternyata Ini Manfaat Mengonsumsi Makanan Fermentasi

Dengan melukis, membantu balita untuk mengkomunikasikan apa yang mereka lihat dalam karya seninya serta bagaimana mereka menggambarkannya melalui lukisan.

3. Dapat Menenangkan

Saat melukis menggunakan tangan, mereka biasanya akan sangat terlibat dan fokus sehingga akan sangat menenangkan serta membantu menjernihkan pikiran mereka terkait stres dan lainnya.

4. Membangun Memori Kognitif

Aktivitas-aktivitas yang dilakukan saat melukis membantu membangun memori kognitif seperti pengetahuan atau informasi yang akan diingat oleh otak mereka.

5. Mengembangkan Kecerdasan Spasial Balita

Kemampuan spasial menjadi hal penting dalam perkembangan otak anak usia dini. Dengan melukis, balita akan mampu untuk menghasilkan, memelihara, mengingat, atau mengubah imajinasi visual di pikiran mereka.

Baca juga  Saat Hamil Wajah Jadi Glowing, Percaya atau Tidak?

6. Sebagai Stimulasi Sensorik Taktil

Ketika menyentuh objek, informasi tersebut akan dikirim melalui saraf sensorik ke otak. Salah satu cara stimulasi sensorik yang dapat digunakan adalah stimulasi taktil atau perabaan melalui sentuhan dan tekanan terhadap objek untuk melukis.

7. Membangun Konsentrasi

Ketika seorang balita mulai terbiasa memahami apa yang terjadi saat melukis, akan memicu keingintahuan dan menarik perhatian mereka. Hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi mereka bertahan lebih lama.

(AN)

Translate »