Cara Melindungi Rumah Anda dari Banjir

Belakangan ini banyak wilayah di Indonesia terkena banjir. Banyak wilayah yang tadinya tak menduga datangnya banjir justru harus rela mengungsi karena kediamannya banjir. Tak ada salahnya sebelum wilayah Anda terkena banjir, lakukan cara pecegahan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips melindungi rumah Anda dari banjir. 

1.Tepi sungai harus ditinggikan dan dilebarkan

Salah satu penyebab air masuk ke wilayah rumah kita ialah, pendeknya tepian sungai atau dapat juga di sebabkan oleh jebolnya pintu sungai hingga meluapnya air. Akibatnya, banjir merendam berbagai wilayah dan dapat menyebabkan kemacetan di jalan raya. Maka dari itu, perlunya meninggikan tepian sungai, melebarkan sungai dan menggeruk bagian bawah agar air tidak mudah untuk naik ke wilayah perumahan atau jalan raya sekitar.

2. Sungai sekitar rumah harus bersih

Salah satu faktor yang menjadi penyebab banjir adalah sampah yang menyubat aliran sungai. Penting untuk kita tidak membuang sampah sembarang seperti ke sungai atau ke got-got yang dapat menyebabkan saluran air tersumbat dan tidak dapat mengalir ke tujuannya dengan baik. Selain itu, coba agendakan kerja bakti bersama di wilayah rumah Anda untuk bersih-bersih sekitarnya. Minimal seminggu sekali setiap hari weekend agar semua warga yang bekerja, dapat ikut berkontribusi di wilayahnya. Kegiatan bersih-bersih bersama selain untuk mencengah datangnya banjir dapat mempererat silaturahmi Anda dengan para tetangga yang mungkinbelum saling mengenal sebelumnya.

Baca juga  Unilever Dukung Gerakan #BeCrueltyFree

3. Kendaraan harus memiliki asuransi

Bencana banjir memang tidak ada yang mengetahui kapan datangnya. Selain mempersiapkan dua hal yang disebutkan sebelumnya, penting bagi Anda yang memiliki kendaraan untuk memiliki asuransi kendaraan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti mobil rusak akibat mesin mobil yang terendam banjir, mobil Anda hanyut akibat terbawa arus, dan lain-lain.

Namun, bukan berarti apabila Anda sudah memiliki asuransi kendaraan tidak mengantisipasinya dengan baik atau membiarkan begitu saja kendaraan Anda yang terendam banjir. Anda perlu memastikan kembali, apakah asuransi kendaraan yang Anda beli sudah memberikan perlindungan dari resiko bencana alam seperti banjir ini atau belum. Jika sudah, coba baca dengan teliti lagi syarat-syaratnya.

Baca juga  Kembali Nge-hype, Tren Fashion Tahun 90-an Ini Bisa Anda Gunakan Lagi

4. Menempatkan karung pasir di sekitar rumah 

Meletakkan karung pasir di sekitar rumah Anda adalah cara umum yang sudah banyak orang lakukan ketika musim hujan telah datang. Meletakkan karung pasir di depan rumah berfungsi sebagai penghalang agar air tidak menggenangi rumah Anda. Selain itu, jika Anda memiliki uang cobalah menciptakan tembok penghalang  supaya rumah Anda aman dari dorongan genangan air yang akan masuk. 

Itu dia cara melindungi rumah Anda dari banjir. Namun bukan berarti banjir tidak akan datang setelah Anda mempraktekkan tips diatas. Banjir adalah bencana alam yang kita tidak pernah tahu kapan datangnya. Jadi, ada baiknya kita mengantisipasinya dengan melakukan cara-cara di atas. Selamat Mencoba dan tetap waspada, Scarf Lover!

(TS)

Translate »