Manfaat Tidur Miring ke Kanan Menurut Ilmiah dan Hadist

Tidur menjadi aktifitas harian yang wajib dilakukan semua orang. Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi kesehatan tubuh minimal 6 hingga 8 jam permalam.

Selain durasi tidur yang mampu mempengaruhi kesehatan, nyatanya posisi tidur yang baik juga perlu diperhatikan.

image: freepik

Melansir laman Aura, Menurut penelitian, posisi tidur yang dapat menjaga kualitas tidur kita adalah posisi tidur miring sebelah kanan. Kenapa? Ini alasannya:

Mengistirahatkan Lambung

Tidur miring sebelah kanan dapat mengistirahatkan lambungmu yang bekerja selama seharian, sehingga pencernaanmu menjadi lebih lancar. Sebaliknya, jika kamu tidur miring ke sebelah kiri, proses pencernaanmu akan terasa lebih lambat.

Baca juga  Tampil Gaya Sambil Menjaga Lingkungan, Kenapa Tidak?

Menyerap Zat Gizi

Ketika kamu tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan, ususmu akan lebih optimal dalam menyerap zat-zat yang berguna bagi tubuhmu. Hal tersebut dikarenakan usus halus dan usus besar terletak di bagian bawah, sehingga penyerapan zat gizi akan berjalan lambat.

Melancarkan Buang Air Besar

Posisi tidur miring ke sebelah kanan juga dapat melancarkan buang air besar. Jika kamu mengubah posisimu miring ke kanan, maka usus besarmu yang menampung sisa pencernaan dan zat tidak berguna akan terisi lebih cepat.

Baca juga  Menutrisi Kulit dengan Rekomendasi Body Cream Versi Scarf Media

Adapun manfaatnya sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim,

“Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas)” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322).

Barra’ bin Azib berkata, “Nabi Muhammad SAW bersabda kepadaku, “Jika kamu datang ke tempat tidurmu (hendak tidur), berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian kamu tidur miring pada bagian kanan.” (DA)

Translate »