5 Gaya Hidup Sehat ala Orang Korea

Salah satu negara tersibuk di dunia adalah Korea Selatan. Terlebih Seoul sebagai Ibu Kota negeri gingseng ini dikabarkan menjadi kota yang tidak pernah tidur. Namun siapa sangka, dijuluki sebagai kota tersibuk tak membuat orang yang tinggal di Korea Selatan melupakan kesehatan.

Orang-orang Korea dikenal sebagai pribadi yang peduli kesehatan dan juga memiliki harapan hidup yang panjang. Para peneliti dari Imperial College di London (Inggris) menganalisa data dari 35 negara termasuk Australia, Korea, Amerika Serikat dan Finlandia menggunakan data jumlah penduduk dan kematian antara tahun 1985 dan 2010. Hasilnya orang Korea mampu hidup hingga 90 tahun. Sedangkan Australia memiliki harapan hidup sampai umur 84 tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 langkah sehat dijalani orang Korea yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Konsumsi Air Putih

Wanita Korea memercayai bahwa memenuhi cairan pada tubuh dapat membantu membuat kulit wajah menjadi sehat dan terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat kulit menjadi kering dan kusam. Oleh karena itu, mereka terbiasa mengkonsumsi air putih setiap pagi hari sebelum memulai aktifitas. Dan mereka terbiasa mencukupi konsumsi air putih sebanyak 2 liter untuk tubuh dan kulit mereka. Tidak heran ya melihat kulit orang Korea yang lembab dan sehat.

  1. Pola Makan yang Sehat
Baca juga  Tren Gaya Hidup Plant-Based

Selain melakukan perawatan dari luar seperti merawat kulit dengan ragam produk kecantikan, ternyata wanitaKorea juga percaya bahwa pola makan yang sehat juga akan sangat mempengaruhi tampilan luar dari kulit mereka terutama kulit wajah. Untuk itulah mereka kerap melakukan pola makan yang sehat, bergizi, bervariasi, dan kaya nutrisi. Salah satu hidangan Korea yang paling sering dihidangkan adalah Kimchi. Kimchi yang merupakan kubis yang difermentasi ternyata sarat akan vitamin C dan betakaroten yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Selain kimchi, ada juga minuman Korea, yaitu Makgeolli yang merupakan fermentasi anggur beras yang kaya akan limpahan mineral dan asam amino.

  1. Konsumsi teh Hijau

Bukan perkara yang sulit untuk mendapatkan teh hijau di tanah air Indonesia ini. Wanita Korea Selatan sering mengkonsumsi teh hijau dua kali dalam sehari. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu untuk mengurangi radikal bebas di dalam tubuh kita. Selain itu teh hijau bisa mengatur tekanan gula darah dan menghindari dari risiko penyakit jantung dan kolesterol.

  1. Mengonsumsi Gingseng
Baca juga  Atasi Sakit Pinggang Tanpa Perlu Dipijat

Salah satu ramuan yang sudah dikenal banyak orang sangat berkhasiat untuk stamina adalah gingseng. Senyawa dalam tananaman ginseng yang bermanfaat untuk stamina adalah zat saponin. Zat ini akan memengaruhi kerja dari kelenjar hipofisia yang akan mengeluarkan hormon cortisol dan aldosteron. Kedua hormon ini bisa membangkitkan stamina dan bisa menyeimbangkan gula darah di dalam tubuh.

5.    Tidur yang Cukup

Last but not lease! Tidur yang cukup. Kebiasaan begadang dan tidur larut malam adalah sifat yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Hal ini akan menimbulkan penyakit hati. Saat tidur hati bekerja untuk membuang racun-racun di tubuh. Kalau tidak tidur, hati tidak akan bekerja membuang racun sehingga membuat rusaknya jaringan seperti kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru-paru, dan orang-organ tubuh yang lain. Jadi, cukupkan tidur selama 7-8 jam perhari ya Scarf Lover.

Translate »