Kalimantan dan Wisatanya Yang Perlu di Explore

Siapa yang tidak kenal dengan julukan ‘’Pulai Seribu Sungai’’? Kalimantan mendapat julukan tersebut lantaran banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini. Dahulu kala Kalimantan hanya dihuni oleh orang Dayak sebagai suku aslinya. Mereka hidup secara nomaden. Namun, karena adanya perubahan dan arus modernisasi menjadikan suku Dayak harus berbaur dengan masyarakat perkotaan.

Kalimantan juga terkenal akan hutan tropis dan sumber daya alam terbanyak di Indonesia. Masing-masing daerahnya pula memiliki ciri khas, bahasa, potensi alam, budaya dan keunikan masing-masing. Berikut hal menarik yang ada di Kalimantan!

Sumber: Indodaris
  1. Sungai Kahayan

Sungai kahayan adalah sungai dengan rute terpanjang di Kalimantan dengan julukan “Sungai Biaju Besar”. Pengunjung akan disajikan pemandan alam yang indah selain itu pula terdapat kelotok-kelotok warga yang menambah keeksotikan sungai Kahayan. Untuk jalur, Pulau Kaja adalah rute yang paling digemari wisatawan. Dari Pulau Kaja scarflover dapat mengunjungi Sapundu yaitu tiang untuk mengikat hewan kurban saat upacara tiwah (upacara kematian).

Baca juga  5 Tempat Instagramable Di Makao
Sumber: Pontianaktravel
  1. Taman Bukit Bougenville

Di Taman ini scarflover bisa menemukan anggrek hitam, kantung semar, anggrek kuping gajah, serta jenis flora lainnya. Aksesnya juga lengkap mulai dari tempat bermain, ruang istirahat, kolam renang toilet dan tak tupa kafetaria.

Sumber: balikpapan le grandeur image
  1. Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan ikon dari Balikpapan. Di lautnya terdapat pemandangan seperti kapal-kapal tongkang, kapal tanker, perahu nelayan dan lainnya. Sunset di Pantai Melawai juga sangat indah diiringi gelombang laut yang menari-nari menjadikan Pantai Melawai bermagnet kuat menarik wisatawan.

Sumber: Wikipedia Kalimantan
  1. Rumah Melayu Kalimantan Barat

Berlokasi si Jalan Sutan Syahrir, disini Scarflover bisa menemukan pameran-pameran kebudayaan, Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) dan lainnya. Bangunan ini memiliki arsitektur luar biasa yang terbuat dari kayu pilihan. Terdapat panggung besar dan kokoh.

Sumber: borneodigital
  1. Festival Pasar Terapung
Baca juga  Inspirasi Menu Sahur: Korean Honey Butter Chicken!

Di Banjarmasin terdapat istana yang pernah didirikan Sultan Suriansyah pada tahun 1526. Aktivitasnya yang ramain sejak dahulu kala membuat cikal bakal pasar terapung muncul di tanah Banjarmasin. Biasanya wanita disana mengayuh jukung-jukung dan menjalankan transaksi jual beli. Sementara yang laki akan pergi bertani. Festival ini diadakan setiap tahun oleh pemerintah. Terdapat atraksi, lomba, musik adat, peragaan kain khas setempat, dan lainnya. Gunanya adalah sebagai pelestarian budaya sekaligus media pengenalan untuk menarik wisatawan.

Sumber: laist.com
  1. Wisata Kuliner

Rupa-rupa kuliner yang ada di Kalimantan sangat lah menarik wisatawan. Layaknya Soto Banjar yang dapat scarflover temui selain di Kalimantan, nyatanya segudang kuliner masih belum dikenali banyak masyarakat. Makanan khas Kalimantan ada Ketupat Kendangan, Manday, Patin Baubar, Gangan Asam Banjar, Amparan Tatak, Bingka dan masih banyak lagi.

Apakah scarflover tertarik untuk pergi ke Kalimantan?

(Penulis: ZK)

Translate »