Gunung Ciremai, Gunung Tertinggi di Jawa Barat Yang Memikat Hati

Gunung Ciremai merupakan gunung berapi yang berada di wilayah Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Gunung ini biasa disebut dengan atapnya bumi pasundan.  Berbagai macam keindahan yang bisa dilihat Scarflover adalah pesona anggreknya, kantung semar, pohon pinus, kecapi, beringin karet, burung punai, dan sebagainya yang hidup di Gunung Ciremai. Salah satu jalur yang biasanya menjadi salah satu jalur favorit bagi pendaki ialah Jalur Palutungan yang merupakan sebuah dusun di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Baca juga  Punya Masalah Kulit Kering? Atasi Dengan Rangkaian Skincare yang Tepat
Sumber : kuningankab.go.id

Di kaki Gunung Ciremai ini terdapat salah satu tempat yang bersejarah juga bagi bangsa Indonesia pada masa penjajahan Belanda, yaitu Gedung Perundingan Linggarjati yang menjadi saksi perjanjian politik antara Indonesia dengan Belanda pada saat itu.

Bagi Scarflover yang ingin mencaai Gunung Ciremai, anda bisa memilih empat jalur resmi yaitu Linggasana, Apuy, Palutungan serta Linggarjati, dengan kisaran waktu 7 – 9 jam untuk mencapai puncak, dan harus menyiapkan biaya hanya Rp 50.000 saja. Di tempat tersebut tentu ada pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh Anda seperti jangan mengeluh, jangan buang air kecil dan besar sembarangan, serta harus mengucapkan salam tiap bertemu pos peristirahatan.

Baca juga  Manfaat Olahraga Golf untuk Kesehatan

Bagaimana, Scarflover? Tertarik untuk ke Gunung Ciremai?

(Penulis : DA)

 

 

Translate »