Pakaian Terkena Noda Makeup? Begini Cara Mudah Membersihkannya

Merias wajah jadi kebiasaan yang tak boleh dilewatkan bagi para perempuan tentunya demi menunjang penampilan sehari-hari. Dalam merias wajah setiap harinya, kita pasti pernah dihadapkan dengan kondisi dimana secara tak sengaja, makeup kita tiba-tiba terjatuh dan mengotori pakaian yang tengah kita kenakan. Kalau sudah begini, ada baiknya Anda jangan langsung panik karena scarf media telah merangkum beberapa cara mudah membersihkan pakaian yang terkena noda makeup. Kira-kira apa saja? Berikut rangkumannya!

Noda Lipstik

Seringnya kita touch up lipstik, pasti kita pernah secara tak sadar bahwa lipstik tersebut menempel di jari bahkan hingga mengotori pakaian. Noda dari lipstik tentunya akan sangat menganggu apalagi jika warna baju yang kita kenakan berwarna terang sehingga noda lipstik tersebut akan terlihat dengan jelas. Cara mudah membersihkannya adalah

Menggunakan hairspray

Semprotkan hairspray pada area yang terkena noda lipstik, lalu diamkan selama 15 menit. Ambil selembar kain kecil yang direndam air hangat. Seka area bernoda lipstik secara perlahan dan cuci pakaian seperti biasa.

Menggunakan deterjen atau stain remover

Aplikasikan stain remover atau deterjen pada noda lipstik dari sisi luar dan dalam pakaian, atau mengikuti petunjuk penggunaan produk. Bilas noda menggunakan air hangat sambil melakukan blotting menggunakan tisu. Hindari gerakan menggosok karena berisiko menyebabkan kain rusak.

Baca juga  What To Wear On A Rainy Day

Noda Foundation

Foundation merupakan salah satu jenis makeup yang mudah meninggalkan noda pada pakaian Anda. Untuk membersihkan foundation dari pakaian Anda, terdapat dua cara yang bisa Anda gunakan, tergantung jenis foundation-nya.

Untuk foundation yang bersifat oil-free, Anda bisa menggunakan shaving cream. Caranya mudah, aplikasikan shaving cream pada noda foundation, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Anda bisa mengulangi tahap ini beberapa kali hingga noda benar-benar hilang.

Sementara untuk foundation yang memiliki kandungan minyak, Anda perlu mengangkat noda minyak terlebih dahulu dari pakaian. Caranya mudah, basahi dulu area yang bernoda menggunakan air yang dimasukkan pada botol semprot. Kemudian, oleskan sabun cuci piring pada noda dan diamkan selama beberapa menit. Gosok area tersebut menggunakan sikat halus, blot dengan tissue atau handuk bersih, lalu bilas menggunakan air dingin.

Noda Maskara

Maskara yang telah mengering memang agak susah dibersihkan, namun bukan artinya Anda tidak bisa membersihkannya dengan maksimal kok. Jika noda maskara tersebut sudah mengering, Anda bisa mengangkat sisa produk maskara menggunakan benda pipih yang tidak tajam seperti pisau plastik terlebih dahulu. Lalu, tuangkan sedikit sabun cair pada noda maskara, gosok perlahan, dan bilas menggunakan air hangat. Jika masih ada noda membandel, Anda bisa menggunakan stain remover sebagai alternatifnya!

Baca juga  Benarkah Pakai Ikat Pinggang Dapat Merubah Penampilan Anda?

Noda Makeup Bertekstur Powder

Beberapa makeup bertekstur powder seperti loose powder, powder blush, highlighter, hingga bronzer memang lebih mudah menempel pada pakaian terutama saat kita mengaplikasikannya karena teksturnya yang mudah berterbangan saat dipulaskan.

Nah, pada saat makeup bertekstur powder mengenai pakaian, biasanya kita pasti memiliki insting untuk langsung menyapunya menggunakan tangan. Sayangnya, cara ini justru membuat noda pada pakaian jadi menyebar dan lebih pekat. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan produk dengan cara meniupnya atau dengan menggunakan haidryer.

Namun, kalau produk makeup yang jatuh sudah terlanjur menodai pakaian, Anda bisa menggunakan makeup remover tanpa kandungan minyak, seperti micellar water. Caranya adalah dengan membasahi cotton ball dengan micelar water, lalu tekan-tekan pada area bernoda hingga bersih. Jika masih ada noda yang tersisa, Anda bisa menggunakan bantuan stain remover. (FIA)

Translate »