Lima Nasihat Untuk Para Wanita yang Hendak Memulai Usaha

Menjadi bos bagi diri sendiri tentunya adalah impian banyak orang. Bisa memulai bisnis sendiri dan membesarkannya menjadi sebuah kesuksesan adalah cita-cita dari banyak entrepreneur. Terutama di zaman seperti sekarang di mana segala pertukaran informasi dan barang jadi sangat mudah. Menjadi entrepreneur tak lagi sesulit dulu.

Namun tetap ada hal yang harus dipelajari selagi Anda memantapkan niat Anda untuk menjadi seorang wanita entrepreneur.

1. Anda bisa memulainya kapanpun.

Usia Anda tak lagi muda dan sudah punya anak? Tak masalah. Anda masih belum lulus sekolah? Juga tak masalah. Karena tidak ada usia yang tepat dalam memulai saha sendiri. Saat ini dengan kemajuan teknologi dan perkembangan media sosial mulai dari pelajar hingga middle-aged women bisa memulai usahanya sendiri. Satu hal yang Anda butuhkan adalah jiwa entrepeneurship, yang dapat membuat Anda bersemangat.

Baca juga  Empat Gaya Hijaber Saat Berolahraga

2. Carilah mentor yang bisa membimbing Anda.

Menjadi pengusaha mandiri bukan berarti Anda bergerak sendiri. Apalagi jika Anda belum punya pengalaman. Carilah pembimbing yang tepat, yang bisa Anda percayai dalam memberikan saran dan kritik untuk Anda. Mentor bisa jadi orang yang sudah pernah memulai usaha serupa untuk Anda, dengan begitu Anda bisa belajar dari masalah dan tantangan yang dihadapinya.

3. Belajar dari kesalahan

Tentunya proses trial and error akan terjadi saat kita memulai berbisnis. Kesalahan adalah suatu hal yang wajar, tapi kita harus ingat untuk tidak mengulanginya lagi.

4. Belajar dari kegagalan

Nicola Mendelsohn, Vice President of Europe, Middle East, and Afrika untuk Facebook, pernah menyebutkan bahwa salah satu moto yang diterapkan dalam lingkungan Facebook adalah ‘fail hard‘, di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengakui kesalahan secara bebas dan memperbaikinya. Hal ini dianggap sebagai hal yang baik untuk kesempatan belajar. Jangan sampai kegagalan Anda jadi suatu hal yang sia-sia, jadikan itu sebagai tambahan pembelajaran.

Baca juga  Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Sekolah Anak

5. Jadilah diri sendiri

Untuk memulai sebuah bisnis Anda harus jadi wanita yang berani, terutama dalam mengemukakan pendapat mereka dan mengusahakannya sepenuh hati. Karena untuk jadi seorang pengusaha wanita yang sukses Anda harus berani menyuarakan diri sendiri dan menjadi berbeda. Itulah yang akan membuat Anda menonjol di antara entrepreneur lainnya. (DC)

Translate »