Apa Sebenarnya Pengaruh High Heels Untuk Tubuh Anda?

Sepasang sepatu high heels memang terlihat cantik. Membuat kaki tampak jenjang dan menambah kepercayaan diri. Namun apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat Anda rutin menggunakan sepatu berhak tinggi ini?

Berdasarkan studi terakhir yang dipublikasikan di The International Journal Clinical Practice dipaparkan beberapa efek yang ditimbulkan ketika seseorang rutin menggunakan high heels. Studi dilakukan pada para mahasiswi di Korea Selatan yang tengah melakukan pelagiaan menjadi pramugari. Para mahasiswi ini diharuskan menggunakan high heels setiap hari selama 4 tahun.

Baca juga  Jangan Asal, Ini Panduan Penting Isolasi Mandiri untuk Pasien COVID-19

Menurut paparan dari New York Times, para mahasiswi di tahun kedua dan ketiga menunjukan penguatan pada otot di pergelangan kaki, terutama pada bagian dalam dan luar sendi, apabila dibandingkan dengan mahasiswi di tahun pertama. Pada tahun keempat, justru terdapat kemunduran. Otot yang awalnya menjadi lebih kuat, malah jadi lebih lemah. Selain itu keseimbangan para mahasiswi juga menjadi lebih buruk.

Tak perlu takut. Karena peneliti di balik studi tersebut, Dr. Yong-Seok memberikan beberapa tip untuk para penggemar high heels. Anda bisa melatih kekuatan pergelangan kaki dengan melakukan heel lifts. Berdiri tanpa alas kaki, lalu coba berjinjit bertumpu pada jari-jari kaki Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan heel drops, berdiri di ujung tangga dan coba turunkan tumit Anda.

Baca juga  Mengintip Manfaat Tentang Puasa Makeup

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah melepas sepatu Anda tiap kali duduk atau sedang dalam kendaraan. Ini bisa jadi kesempatan untuk otot pergelangan kaki Anda beristirahat. (DC)

Translate »