4 Tips Sederhana Bersihkan Layar TV, Nonton Film Jadi Bebas Gangguan!

Coba lakukan di rumah, yuk!

104

Apakah layar TV di rumah Anda terlihat buram? Barangkali itu bukan kerusakan, melainkan hanya layar TV Anda yang harus segera dibersihkan. Simak caranya berikut ini!

 

  1. Bersihkan dengan kain microfiber

Layar TV OLED maupun LED bisa sensitif terhadap tekanan dan mudah tergores. Untuk itu, gunakan kain mikrofiber guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya goresan.

Bersihkan pula bagian sudut atau tepi layar TV. Hindari mengelap layar TV dengan handuk kertas, tisu, atau bahan lain yang mengandung serat, karena dapat merusak layar.

 

  1. Semprotkan cairan apa pun pada kain

Anda bebas memilih cairan jenis apa pun, asalkan Anda memilih kain halus untuk menghindari kerusakan bagian dalam. Jangan menggunakan lap debu yang sudah digunakan sebelumnya, karena dikhawatirkan akan meninggalkan residu.

 

  1. Lap dengan sapuan secara vertikal maupun horizontal

Untuk menghindari goresan, maka lakukan pembersihan dengan sapuan yang merata, baik itu secara horizontal maupun vertikal. Kemudian, bersihkan layar kembali dengan kain kering guna menghilangkan residu.

Bersihkan pula kabinet TV agar debu tidak menganggu speaker dan port. Anda dapat pula membersihkan bagian ini dengan sikat penyedot debu. Hati-hati, Anda sangat tidak disarankan membersihkan layar secara melingkar, karena dapat menimbulkan goresan.

 

  1. Bersihkan remot-nya

Selain layar pada TV, Anda sangat disarankan untuk membersihkan remote TV yang menjadi tempat bersarangnya kuman. Sebelum memulai, lepaskan baterai dan pasang kembali penutup pada kompartemen baterai. Balikkan clicker dan kibaskan remah-remah kotoran yang terdapat di antara tombol.

Celupkan kapas ke dalam air dan oleskan di antara tombol. Jika masih ada kotoran membandel, bersihkan kotoran yang tersisa dengan tusuk gigi atau sikat gigi kering. Selain itu, gunakan kain mikrofiber basah untuk menyeka bagian belakang dan samping remote. Sebelum digunakan, biarkan hingga mengering, serta jangan lupa untuk mengganti baterai.

 

Itulah tips sederhana membersihkan TV di rumah Anda. Semoga berhasil, ya!

Sumber : readerdigest