Hebat! Ini Perjalanan Rein Vidya Banafsha Berhasil Lulus S1 Kedokteran Usia 19 Tahun

Menjadi lulusan termuda dari Universitas Padjadjaran, Bandung.

Berita viral datang dari seorang mahasiswi bernama Rein Vidya Banafsha. Ia adalah seorang lulusan S-1 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung yang berhasil lulus diusia muda 19 tahun.

Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi membenarkan bahwa Rein Vidya Banafsha memang wisudawan termuda Unpad pada wisuda gelombang III 2022.

“Benar, itu wisuda setahun yang lalu (2022). Setiap gelombang selalu ada yang termuda,” ujar Dandi dikutip dari Kompas.com.

Lahir di Tasikmalaya, wanita yang sering disapa Rein ini berhasil diterima di FK Unpad melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ketika berusia 15 tahun 10 bulan.

Baca juga  Mantap Berhijrah, Five Vi Kini Terlihat Lebih Islami

Meski sempat merasa bahwa kuliah prodi Kedoktteran berat, Rein berhasil menyelesaikan studi Sarjana dalam waktu 3,5 tahun dan lulus pada Februari 2022 dan diwisuda pada Juni 2022.

“Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” kata Rein dikutip dari Kompas.com

Sejak duduk di bangku SMP, Rein sudah mengikuti kelas percepatan atau akselerasi. Bahkan masa belajarnya di SMAN 1 Tasikmalaya hanya dilakukan dalam dua tahun dan segera lulus.

Baca juga  Nadia Kahf Cetak Sejarah Jadi Hakim Berhijab Pertama di Amerika Serikat

Dengan demikian, Rein mendapat dua predikat non-akademik, yakni sebagai mahasiwa baru termuda Unpad di Fakultas Kedokteran, dan wisudawan termuda di Unpad. “IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,23,” ucap Humas Unpad Dandi Supriadi, dikutip dari CNN Indonesia.

Dengan prestasi dan keberhasilan pencapaiannya di jenjang sarjana, Rein dapat predikat calon dokter muda.

Translate »