Kisah Fatimah al Fihri, Muslimah Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Fatimah al-Fihri adalah seorang muslimah yang meiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Karena ia menjadi salah satu pendiri universitas pertama di dunia. Universitas tersebut bernama Al-Qarawiyyin di Kota Fes, Maroko.

Pada abad ke-9, Fez adalah ibu kota Dinasti Idrisiyyah (788-974), yang disebut sebagai negara Islam pertama di Maroko. Menurut sejarah, Al-Qaraqwiyyin didirikan antara 857-859 oleh Fatima al-Fihri, setelah mendapat warisan dalam jumlah besar dari ayahnya. Fatima menggunakan uang warisan tersebut untuk membangun Masjid Al-Qaraqwiyyin.

Baca juga  Mengenal Nadya Arifta, Perempuan yang Diisukan Jadi Tambatan Hati Kaesang Pangarep

Fatimah merupakan seorang putri saudagar kaya asal Tunisia yang dilahirkan pada tahun 800 M. Nama lengkapnya Fatimah Muhammad al-Fihri, sering dijuluki Oum al-Banine, yang berarti ibu dari anak-anak Fes.

Fatimah al-Fihri hidup dalam keluarga yang sangat kaya dan keturunan bangsawan. Meskipun berasal dari keluarga kaya dan bangsawan, mereka memiliki kepedulian dan kepekaan pada sesama serta memiliki jiwa sosial yang tinggi. Sering menyambung silaturahmi dengan semua kalangan dan gemar berderma.

Baca juga  Fatimah Habsyi, Sosok di Balik Henna Aurel yang Curi Perhatian Publik
Translate »