Enny Yaqut Sebut Istiqlal Fashion Days 2023 Kegiatan Baru Penuh Manfaat

Pesatnya industri fesyen muslimah sebagai peluang usaha lokal menuju pasar global.

Istiqlal Fashion Days 2023 masih berlangsung sampai tanggal 19 April 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta. Salah satu kegiatan di dalamnya yaitu Fashion Talks bersama Enny Yaqut selaku Penasehat DWP Kementerian Agama RI yang turut mengapresiasi kegiatan penuh manfaat ini. “Istiqlal Fashion Days 2023 adalah hal yang baru atau something new karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan penuh manfaat sebesar ini khususnya di Masjid Istiqlal, Jakarta. Saya turut berbangga sekali menjadi bagian dari kegiatan ini mewakili Kementerian Agama RI,” ujar Enny pada 5 April 2023 saat Fashion Talks Istiqlal Fashion Days 2023 .

Image: Dok.Redaksi

Bicara mengenai fesyen, Enny menjelaskan bahwa industri fesyen muslimah sangat berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan banyaknya permintaan mengenai halal lifestyle di Timur Tengah dan Eropa yang mulai peduli mengenai produk halal.

Baca juga  Pilihan Terbaru Lip Cream Halal yang Aman untuk Muslimah
Image: Dok.Redaksi

“Industri modest fashion untuk muslimah sudah sangat pesat beberapa tahun terakhir. Dilihat dari keikutsertaan Indonesia dalam ajang internasional untuk memperkenalkan beberapa produk bersertifikasi halal. Mengingat banyaknya permintaan halal lifestyle, baik di Timur Tengah maupun Eropa yang begitu peduli mengenai produk halal,” lanjut Enny.

Mengingat banyak permintaan tentang halal lifestyle yang terdiri dari produk baju, minuman, makanan, hingga kosmetik. Kementerian Agama RI bekerja sama dengan para desainer dan pelaku UMKM untuk memproduksi permintaan pasar. Terlihat juga bahwa pasar lokal memiliki movementnya yang sangat luar biasa, banyak masyarakat yang menggemari fesyen muslim. Peluang usaha ini menjadi kesempatan produk lokal menuju pasar global. Kementerian Agama RI berusaha mendorong pelaku UMKM memenuhi permintaan pasar yang lebih baik mengenai produk halal. Kementerian Agama RI juga bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk memproduksi Kain Indonesia bersertfikasi halal.

Baca juga  Pilihan Cushion Ringan yang Bisa Merawat Kulit Wajah

Selain itu, definisi produk halal tidak hanya makanan dan minuman, tetapi kebutuhan hidup dari kosmetik hingga baju yang kita pakai. Adanya sertifikasi halal diharapkan apa yang kita pakai tidak mengganggu ibadah kita apabila dibuat dari bahan-bahan dasar halal.

Translate »