tiket.com bersama Kemenparekraf RI Sajikan Data Tren Wisata 2022

tiket.com selaku Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, bersama Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf RI pada hari Selasa (13/12), menyajikan pemaparan Data Riset Tren Industri Pariwisata hasil sinergi data dari kedua belah pihak dalam Webinar Nasional bertajuk “New Paradigm of Indonesia Tourism Industry Trend 2023”.

Membuka acara webinar ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. mengatakan “Apresiasi terbesar saya berikan kepada semua pihak yang terus berkolaborasi untuk bangkitnya pariwisata nusantara serta meningkatkan resiliensi industri yang sempat terhantam dengan keras saat pandemi. Kemenparekraf RI dan tiket.com sempat berdiskusi terkait paradigma baru pariwisata, yang terdiri dari Wellness Tourism, Work from Destination, Culture Immersion serta Off-Grid Travel,” jelasnya.

Baca juga  Tingkatkan Pariwisata Indonesia, Menparekraf Kembangkan Travel Pattern Provinsi Sulawesi Selatan
Image: tiket.com

Selain lahirnya paradigma baru di pariwisata, Sandiaga Uno juga mengungkapkan paradigma baru di ekonomi kreatif, yaitu Digital Acceleration, Local Before Global dan Metaverse-Era, serta pentingnya kolaborasi dalam membangkitkan industri, “Kita terus menyokong program yang berbasis 3G yakni GERCEP yakni Bergerak Cepat, GEBER yakni Bergerak Bersama salah satunya dengan tiket.com, dan GASPOL yakni garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja. Mari kita tingkatkan kolaborasi serupa di 2023 dalam mengembangkan program-program utama di 2023,” tambah Sandiaga Uno.

Mengacu pada rangkuman data kolaborasi tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf, tiga destinasi favorit masyarakat untuk bepergian dalam negeri masih didominasi dengan tujuan di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Jumlah outbound tourism Indonesia mengalami peningkatan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%. Tiket penerbangan domestik mengalami peningkatan dari tahun 2020 di mana menggambarkan bahwa perilaku konsumen cenderung stabil.

Baca juga  Dahsyatnya Banjir Bandang Di Luwu Utara

Staycation semakin populer, membuat tingkat hunian kamar hotel berbintang mengalami peningkatan sebesar 49,85% (menurut data BPS Mei 2021 – Mei 2022). Tren ini juga terefleksi dari data tiket.com, di mana vila dan apartemen pun semakin diminati seiring dengan maraknya tren staycation, angka pemesanan meningkat dua kali lipat dari sebelum pandemi menjadi 204% dengan tiga kota yang menjadi tujuan favorit masyarakat untuk staycation yakni area: DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Translate »