Lindungi Orang Tercinta dengan Paham Penggunaan Internet yang Aman

Begitu banyak orang mengabaikan keamanan saat berselancar di dunia maya. Padahal, terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengeksploitasi kelemahan sistem, memanfaatkan situasi, dan menyasar kepada orang rentan. Sebab itu, penting bagi setiap orang memiliki pengetahuan untuk menjelajahi internet dengan aman.

Program Tangkas Berinternet hadir berkat kerjasama antara Google yang mendukung kerja organisasi Yayasan Sejiwa dan pemerintah Indonesia. Peluncuran program ini bertujuan untuk membantu anggota komunitas yang terdiri dari anak dan orang tua untuk belajar membuat keputusan yang aman ketika sedang internetan dan menempatkan diri sebagai digital citizen yang baik.

Google, si mesin pencari raksasa akan berbagi informasi mengenai cara melindungi diri serta orang-orang tercinta dari situasi yang membahayakan.

Baca juga  3 Serial Netflix yang Cocok Ditonton Ibu Hamil

Setidaknya, terdapat empat langkah antisipasi saat Anda tiba-tiba mendapatkan berita buruk atau berita baik dari seorang yang tidak dikenal sebelumnya.

  1. Jangan gegabah

Anda patut waspada terhadap permintaan yang terburu-buru. Biasanya penipu meminta uang secara tiba-tiba dan memberikan batas tenggat waktu agar permintaannya itu dapat terwujud.

 

Anda jangan terlena dulu, mintalah penjelasan sedetail mungkin. Penipu tidak suka kalau Anda berhati-hati dan perhatikan jawaban yang tidak konsisten diucapkan.

 

  1. Periksa dahulu

Penipu dengan mudahnya membuat akun menggunakan foto curian dari internet. Tidak memakan waktu lama, telusuri nama atau foto di internet untuk memverifikasi indetitasnya terlebih dulu.

Baca juga  Tidak Perlu Ke Lombok, Ini Cara Mudah Buat Ayam Taliwang Di Rumah!

 

  1. Jangan pernah coba untuk membagikan password!

Hindari memberikan sandi Anda kepada siapa pun, terutama sandi akun Google. Jika ragu, lakukan Pemeriksaan Sandi secara rutin.

 

  1. Lindungi orang yang lebih tua

Ingatkan kepada mereka untuk tidak menyebarkan informasi pribadi seperti nama lengkap atau alamat e-mail ke forum publik. Selain itu, beri tahu mereka, jangan asal mengklik link ke bank atau situs web lain, jika itu dikirimkan melalui e-mail, chat, atau SMS.

 

Kini, internetan makin nyaman setelah mengetahui keempat tip di atas. Yuk, segera praktikkan!

Translate »