Dorce Gamalama: Sosok yang Gemar Menyantuni Anak Yatim

Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2) di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Artis senior itu wafat pada usia ke-58 tahun akibat penyakit komplikasi dan virus corona.

Kepergian Dorce Gamalama menyisakan duka mendalam kepada keluarga, termasuk pada seluruh penggemarnya.

Semasa hidupnya, Dorce Gamalama dikenal sebagai sosok yang dermawan. Atas kemurahan hatinya, artis yang biasa disapa Bunda Dorce itu disukai oleh masyarakat Indonesia.

Perjalanan karier Dorce Gamalama mengalami pasang surut, bahkan ia kerap dicaci, karena mengganti jenis kelaminnya (transgender) hingga akhirnya Dorce Gamalama dikenal sebagai artis yang memiliki segudang prestasi di dunia hiburan.

Simak perjalanan hidup Dorce Gamalama yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

  1. Dorce Gamalama lahir di Solok, Sumatera Barat, pada 21 Juli 1963. Ia lahir dengan nama Dedi Yuliardi. Masa kecil Bunda Dorce terbilang amat berat, karena baru tiga bulan lahir ke dunia, ibunya dinyatakan telah meninggal dunia. Menginjak usia 1 tahun, sang ayah ditemukan telah wafat. Sebelumnya, sang ayah pergi dari rumah tanpa kabar semenjak dua bulan kepergian sang istri.

    Image : https://www.instagram.com/dg_kcp/
  2. Ia memulai karier di dunia hiburan sejak usia 10 tahun. Waktu itu dirinya bermain sandiwara di acara 17-an berperan sebagai seorang nenek. Di usia yang sama pula, ia sudah tergabung ke dalam band BamBros.

    Image : https://www.instagram.com/dg_kcp/
  3. Mengejutkan publik, Dorce Gamalama mengambil keputusan untuk mengubah gender, nama, serta indentitasnya. Omongan negatif terus menerpa dirinya, namun ia sudah menganggapnya seperti angin lalu.

    Image : https://www.instagram.com/dg_kcp/
  4. Dorce pun mulai serius menata kariernya dengan bergabung ke Fantastic Dolls. Karier Dorce semakin melejit pada tahun 1990, bahkan sampai pada 2017 ia masih sempat bermain sinetron.

    Image : https://www.instagram.com/dg_kcp/
  5. Dorce dikenal sebagai pribadi yang ramah dan rendah hati, ia pun gemar menyantuni anak yatim sampai membantu anak-anak di Palestina.
Image : https://www.instagram.com/dg_kcp/

Selamat Jalan Dorce Gamalama. Semoga Allah mengampuni seluruh dosa, menerima seluruh amal ibadah, dan ditempatkan di surga-Nya.

Baca juga  Pemprov DKI Berencana Lebarkan Jalur Khusus Sepeda Sudirman-Thamrin
Translate »