Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Setiap orang wajib hukumnya untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut karena bila tidak dirawat dengan benar akan mengakibatkan berbagai macam penyakit yang mengkhawatirkan.

Indonesia sendiri memiliki berbagai macam bahan-bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya minyak kelapa.

Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang berasal dari ekstrak daging kelapa. Minyak yang satu ini adalah sumber lemak jenuh terkaya di dunia yang kaya akan asam alurat yang ampuh untuk membunuh bakteri jamur dan virus berbahaya dalam tubuh.

Minyak kelapa sudah terkenal kaya akan manfaat untuk melembabkan kulit dan memperbaiki rambut yang rusak. Tapi pernah kah Scarf Lover mendengar manfaat minyak kelapa untuk kesehatan gigi dan mulut?

Foto: Freepik

Ternyata minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk mulut lho. Cara menggunakannya pun mudah, yakni hanya dengan berkumur-kumur.

Melansir dari berbagai sumber, apa saja manfaat berkumur-kumur menggunakan minyak kelapa?

Baca juga  Cara Mudah Membuat Crispy Baked Potato Wedges

1. Membunuh Bakteri Bahaya di Mulut

Terdapat ratusan bakteri yang tersimpan di dalam mulut yang tentunya sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan bila tidak sering dirawat. Penelitian menunjukan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan klorheksidin, yakni kandungan yang biasanya ada pada obat kumur.

2. Mengurangi Bau Mulut

Tak hanya disebabkan oleh makanan, namun bau mulut juga bisa disebabkan akibat bakteri yang ada di dalamnya. Wah, tidak ada alasan lagi untuk tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Penumpukan bakteri pada gigi yang tidak diatasi dengan benar akan mengakibatkan gigi berlubang. Salah satunya plak. Plak bisa menyebabkan gigi berlubang dengan membentuk lapisan bakteri, air liur dan partikel makanan yang dapat merusak enamel. Minyak kelapa dapat membantu menurunkan jumlah bakteri gigi dan mulut sehingga mencegahnya berlubang.

4. Menyehatkan Gusi dan Mengurangi Peradangan

Tanda-tanda radang gusi adalah merah, bengkak dan mulai berdarah. Bila Scarf Lover mengalami hal ini, bisa memanfaatkan minyak kelapa juga. Karena minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba serta anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan radang gusi.

Baca juga  Distribusikan Bantuan Bencana ke Sulawesi Barat, BNPB Gunakan Helikopter

5. Mencegah Kerusakan Gigi

Minyak kelapa bisa menyerang Streptococcus mutans dan Lactobacillus, yang merupakan dua kelompok bakteri yang terutama bertanggung jawab atas kerusakan gigi, sehingga dapat mencegahnya dari kerusakan.

Bagaimana cara yang benar bila ingin berkumur-kumur dengan minyak kelapa?

Caranya mudah, jangan lupa dicatat ya, Scarf Lover. Jadi, tuangkan satu sendok minyak kelapa ke dalam mulut, lalu kumur-kumur seperti biasa selama 15-20 menit. Pastikan seluruh area telah terjangkau oleh minyak kelapa. Kemudian buang lalu sikat gigi Anda seperti biasa.

Lakukan cara ini di pagi hari saat perut belum terisi apapun sehingga minyak kelapa dapat bekerja maksimal.

(AA)

Translate »