Kesalahan yang Jarang Diketahui Saat Mencuci Pakaian Bayi

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Oleh sebab itu, sebagai orang tua kita harus merawat kulit bayi sebaik mungkin. Termasuk dalam kebersihan pakaian yang selalu digunakan si kecil sehari-hari.

Baju yang tidak benar-benar bersih dapat membuat kulit menjadi kemerahan, ruam, gatal, hinga iritasi. Sebagai orang tua kita harus benar-benar memastikan pakaian si kecil tetap bersih.

dok. Freepik

Untuk memastikan pakaian anak benar-benar bersih. Berikut ini adalah kesalahan dalam mencuci pakaian bayi yang harus dihindari.

1. Menggunakan Detergen yang Salah

Bayak detergen dipasaran yang dapat mengiritasi kulit bayi karena bahannya yang terlalu kasar dan membuat kulit panas. Sebagai gantinya, gunakanlah detergen yang dikhususkan untuk pakaian bayi yang berformula lembut. Sebab pewangi, tambahan warna hingga pengawet yang ada di dalam deterjen bisa jadi penyebab munculnya alergi atau iritasi di kulit bayi yang sangat sensitif.

Baca juga  5 Manfaat Balance Bike Bagi Perkembangan Anak

2. Tidak Membilas dengan Benar

Bilaskah pakaian bayi hingga benar-benar tidak ada sabun yang tertinggal. Lakukan setidaknya dua kali untuk memastikan residu atau bekar detergen yang menempel. Jangan sampai si kecil menjilat atau menghirup detergen yang tertinggal dipakaian.

3. Tidak Cuci Secara Terpisah

Agar menghemat waktu terkadang orang tua kerap menyatukan pakaian bayi dan dewasa bersamaan dimesin cuci. Mesin cuci bisa menjadi sarang bakteri, untuk menghindari beberapa bakteri dari pakaian anda berpindah ke pakaian bayi, pastikan pakaian bayi dicuci terlebih dahulu.

Baca juga  Panduan Seorang Ayah untuk Membesarkan Anak Sehat Secara Emosional

4. Tidak Mengamati Reaksi Kulit

Deterjen mengandung zat yang bisa menyebabkan permasalahan kulit pada anak. Antara lain iritasi atau ruam dan alergi. Memang, masalah ini bisa saja tak selalu langsung terlihat. Ada yang baru muncul setelah beberapa hari.  Yang jelas, orang tua perlu mengamati. Bila curiga kulit bayi tidak cocok dengan deterjen yang dipakai, segera ganti!

5. Tidak Mengeringkan dengan Benar

Sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa pakaian bayi Anda benar-benar kering. Jemur di bawah sinar matahari jika memungkinkan tetapi jangan pernah menggunakan pakaian lembab pada bayi karena dapat menyebabkan infeksi jamur.

(DA)

Translate »