Wapres Siapkan Empat Strategis RI Dalam Menguasai Pasar Halal Dunia

Menurut State Global Islamic Economic Report 2020-2021, tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia dunia meningkat hingga 2,02 triliun Dollar Amerika pada sektor makanan, farmasi,kosmestik, mode, perjalanan dan media/ rekreasi halal.

Image: BPMI Setwapres

Sebagai contohnya, pengeluaran dalam modest fashion mencapai 277 miliar Dollar Amerika, meningkat 4,2% dari tahun sebelumnya, dan diperkirakan pada tahun 2024 akan mencapai 311 miliar Dollar Amerika.

Oleh sebab itu, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar agar menguasi pasar halal dunia.

Mengutip laman kominfo “Indonesia memiliki potensi pasar besar bagi produk muslim. Kita tentu sangat ingin Indonesia juga menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia” Ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H.Ma’ruf Amin saat membuka acara Indonesia Industrial Moslem Exhibition (II-Motion)2021 melalui konferensi video di Kediaman Resmi Wapres, JL. Diponegoro No.2, Jakarta Pusat.

Baca juga  Grab Bekerjasama Dengan Pemprov DKI Untuk Meningkatkan Keamanaan Grabwheels

Untuk mewujudkannya hal tersebut, Wapres menjelaskan ada 4 langkah strategis yang dapat dilakukan. Pertama dengan mengembangkan riset halal dan meningkatkan subsitusi impor. Kedua, dengan membangun kawasan-kawasan halal yang terintegasi dengan fasilitas logistik halal. Ketiga, dengan membangun sistem informasi halal termasuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat halal. Dan yang keempat, Wapres menjelaskan dengan meningkatkan kontribusi produsen-produsen produk halal, baik skala mikro, menegah, dan besar untuk ekspor produk halal ke seluruh dunia (Global Halal Value Chain).

Baca juga  7 Fakta Menarik dari Kolaborasi Oreo X BLACKPINK

“Melihat berbagai potensi yang kita miliki, ditambah dukungan pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, Saya optimis Indonesia mampu menjadi produsen produk halal terbesar di dunia dalam waktu mendatang” Tutup Wapres.

 

(TS)

Translate »