Sebelum Staycation, Yuk Kenali Istilah yang Sering Digunakan

Semua orang pasti menantikan hari libur untuk berlibur. Keingan tersebut kadang muncul saat Anda merasa sedang menjalani hari yang cukup berat atau saat membuka akun traveler di instagram yang membagikan moment berliburnya.

Sayangnya, gak semua orang memiliki hari yang cukup panjang untuk berlibur. Belum lagi harus menyiapkan barang yang akan dibawa, lamanya waktu perjalanan atau hal lainnya. Bisa-bisa semangat keinginan untuk berlibur langsung mereda setelah memikirkan hal tersebut.

Meskipun tidak punya waktu yang cukup panjang untuk berlibur, Scarf Lover bisa melakukan staycation untuk istirahat sejenak dari semua kegiatan yang biasa dikerjakan.

Mengutip dari laman berbagai sumber, bahwa istilah staycation ini muncul sejak 2003 di Amerika Serikat saat terjadi resesi ekonomi. ‘Stay’ artinya tetap sedangkan ‘vacation’ artinya liburan.

Image: Pixabay

Namun sebelum melakukan staycation, alangkah baiknya untuk mengenal istilah-istilah yang sering digunakan berikut. Agar Scarf Lover tidak kebingungan saat mendengarnya.  

Baca juga  Langgar Protokol Kesehatan, Anies Berlakukan Denda Hingga Ratusan Juta

1. Advance deposit

Saat survei dan ingin memesan kamar hotel, tentu bagian resepsionis menyebut istilah ‘Advance deposit nya diawal ya kak’ maksud dari perkataan tersebut yaitu, pihak resepsionis meminta agar Anda membayar segera sebagai jaminan pemesanan kamar.

2. Pet- friendly hotel

Untuk Anda yang suka traveling membawa hewan peliharaan, jangan lupa tanyakan apakah hotel tersebut ramah binatang atau tidak. Jika iya, hotel tersebut akan menawarkan pelayanan khusus mulai dari tempat tidur hewan, litter box, hingga sajian khusus binatang peliharaan. Agar peliharaan Anda juga merasa nyaman, aman dan terlindungi.

3. Family package

Jika pihak hotel menawarkan ‘family package’ itu artinya, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan harga kamar dan fasilitas khusus untuk keluarga.

Baca juga  Telur Dadar Khas Turki, Menu Praktis

4. Stayover

Tidak menutup kemungkinan jika Anda masih ingin berlama-lama dihotel tersebut dari waktu yang telah di tetapkan. Anda dapat mengajukan ‘Stay over’ untuk meminta perpanjangan masa tinggal tamu.

5. Incognito

Demi menjaga privasi terkadang sebagian orang meminta untuk keberadaanya dirahasiakan. Jika menurut Anda itu perlu, silakan gunakan istilah ‘incognito’.

6. Concierge

Untuk mendukung pelayanan pada pihak hotel. Biasanya, hotel menyediakan bantuan untuk menangani barang bawaan tamu, booking fasilitas, hingga surat menyurat bisnis. Jika membutuhkan pelayanan tersebut, Anda dapat menyebutnya dengan istilah ‘concierge’.

Gimana Scarf Lover, sekarang sudah tau kan istilah-istilah yang sering digunakan saat staycation. Jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan saat adaptasi kebiasaan baru ini ya. Happy holiday!

(TS)

Translate »