Metode Cepat Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadan

44

Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh kaum Muslim di dunia. Ramadan identik dengan menuaikan ibadah puasa. Namun tak hanya itu saja, Anda juga dianjurkan untuk sebanyak-banyaknya mencari amalan yang baik. Sehingga, In shaa Allah bisa menghapus dosa-dosa apa yang telah kita kerjakan selama ini. Salah satunya dengan menghatamkan Al-Qur’an. Kitab suci Al-Qur’an terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat menurut riwayat ad-Dur. 

Tentu untuk bisa menyelesaikan membaca kitab suci Al-Qur’an memerlukan waktu yang tak singkat bila tidak diikuti jadwal membaca yang teratur. Meskipun demikian bila kita teguhkan hati untuk berniat menghatamkan dengan cepat, In shaa Allah diberikan kemudahan. Untuk itu, Scarf Media memberikan tips melalui skema membaca Al-Qur’an selama bulan Ramadan. Yuk simak metode berikut!

Khatam 1 kali

Anda bisa membaca masing-masing 2 lembar setiap usai shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Khatam 2 kali 

Anda bisa membaca masing-masing 4 lembar setiap usai shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Khatam 3 kali 

Anda bisa membaca masing-masing 6 lembar setiap usai shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Khatam 4 kali 

Anda bisa membaca masing-masing 8 lembar setiap usai shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Khatam 5 kali 

Anda bisa membaca masing-masing 1 juz setiap usai shalat Shubuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Image: Rawpixels from Freepik

Seperti itu Scarf Lover, metode-metode di atas bisa dijadikan pilihan Anda. Membaca Al-Qur’an memiliki beribu kebaikan dan segudang manfaat. 

Diriwayatkan dari HR. At Tirmidzi no. 2327, “Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” 

Selain bisa menyejukkan hati, membaca Al-Qur’an juga memberikan syafaat di hari kiamat.

Abi Umamah al Baahili radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah al Qur’an maka ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim / 804)

Nah, sekarang marilah kita menjadikan bulan Ramadan jadi makin berkah dengan aktivitas positif membaca Al-Qur’an, berdzikir, berbagi terhadap sesama dan sebagainya. Jangan lupa ya Scarf Lover untuk luangkanlah waktu Anda sebisa mungkin membaca Al-Qur’an di setiap hari!

(BR)