Ini Dia 6 Manfaat Sedekah yang Harus Anda Ketahui

Sedekah merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mensucikan harta-harta kita. Karena sebagian dari harta kita, adalah milik orang-orang yang membutuhkan.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ وَلاَ يَقْبَلُ اللهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِيْنِهِ ثُمَّ يُرَبِّيْهَا لِصَاحِبِهَا كَمَا يُرَبِّيْ أَحَدُكُمْ فُلُوَّهُ حَتَّى تَكُوْنَ مِثْلَ الْجَبَلِ

“Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik, sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengembangkannya untuk pemiliknya sebagaimana seseorang merawat anak kudanya hingga ia menjadi seperti gunung yang besar.” (HR. Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014).

Lalu, apa saja manfaat lain dari sedekah? Melansir dari berbagai sumber, ini dia!

1. Mensucikan Jiwa

Kalau hati Anda keras dan kurang beribadah, maka sedekah adalah salah satu pintu utama untuk mensucikan jiwa. Seperti yang terdapat pada Surat At-Taubah Ayat 103.

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Baca juga  Setelah Meninggal, Ini Tiga Amalan yang Tidak Akan Pernah Terputus

2. Dapat Mengobati Penyakit

Manfaat sedekah yang selanjutnya adalah mampu menyembuhkan penyakit. Tentu sebuah kebaikan yang secara ikhlas kita lakukan, akan berdampak baik pada kehidupan dan membuat kita menjadi lebih bahagia.

Rasulullah SAW bersabda:

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

3. Merupakan Salah Satu Bentuk Ketundukkan Pada Sang Pencipta

Allah SWT menyebutkan dalam Alquran bahwa sedekah yang dikeluarkan akan mendatangkan kebahagiaan, sedangkan kalau tidak dikeluarkan justru akan menjadi penyelasan pada hari Kiamat. Seperti dalam Surat Ibrahim Ayat 31, Allah SWT berfirman:

قُل لِّعِبَادِىَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ يُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُنفِقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خِلَٰلٌ

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.

4. Sedekah Sebagai Penghapus Dosa

Sedekah yang telah kita keluarkan secara ikhlas nantinya akan membantu kita untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu dilakukan. Ibarat air yang memadamkan api.

Rasulullah Saw bersabda,

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi).

Baca juga  Mengenal Jenis Vegetarian, Sudah Tahu Belum?

5. Seorang Mukmin Akan Terlindungi Saat Hari Kiamat dengan Sedekahnya

Nantinya, saat dikumpulkan di Padang Mahsyar, Rasulullah SAW telah memberitahukan kabar baik tentang amalan-amalan terpuji yang akan dijadikan naungan dari panasnya matahari di Padang Mahsyar. Disaat itu lah setiap manusia akan menunggu giliran untuk ditimbang perbuatan baik dan buruknya.

Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu haripun melainkan ia bersedekah padanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” (HR. Al-Baihqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

6. Sedekah Akan Menjauhkan Diri dari Musibah, Cobaan Bahkan Kematian yang Buruk

Rasulullah SAW Bersabda:

عن أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَتَدْفَعُ مِيتَةَ السُّوءِ

Artinya: Dari Anas bin Malik Radhiyallahu `anhu ia berkata,”Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,’Sesungguhnya sedekah benar-benar memadamkan kemurkaan Rabb, dan mencegah kematiaan su’ul khatimah.’” (Riwayat At Tirmidzi [664], dan ia menghasankannya)

Tunggu apalagi? Melihat banyaknya manfaat diatas, Jangan pernah takut miskin untuk bersedekah. Yakinlah dengan apa yang Anda lakukan akan membawa manfaat bagi Anda dan orang sekitar. (AA)

Translate »