5 Manfaat Berlari untuk Kesehatan

1

Anda pasti sudah mengetahui bahwa berlari adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kebugaran, tetapi juga dapat bermanfaat bagi hampir setiap bagian tubuh Anda dan meningkatkan suasana hati Anda. Jika Anda baru mau melakukan rutinitas lari sebagai bagian dari gaya hidup Anda, ini adalah waktu yang tepat, karena manfaat berlari tidak dapat disangkal. Berikut ini adalah manfaatnya.

  1. Berlari Meningkatkan Kesehatan Anda

Percaya atau tidak, lari sebenarnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa berlari dapat meningkatkan kadar kolesterol baik Anda sekaligus membantu Anda meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, berlari juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menurunkan resiko penggumpalan darah.

  1. Mencegah Penyakit

Bagi wanita, lari sebenarnya dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Ini juga dapat membantu mengurangi resiko terkena stroke. Banyak dokter juga merekomendasikan lari untuk orang yang berada pada tahap awal diabetes, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis, dan terbukti dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung. Dengan membantu arteri mempertahankan elastisitasnya dan memperkuat jantung, kemungkinan Anda untuk mengidap serangan jantung dapat berkurang secara signifikan.

Image: unsplash
  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Lari adalah salah satu bentuk olahraga terbaik untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan secara konsisten. Anda akan menemukan bahwa ini adalah cara terbaik untuk membakar kalori ekstra dan ini adalah olahraga paling efektif kedua dalam hal kalori yang dibakar per menit, setelah ski lintas alam.

  1. Berlari Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda

Manfaat lari yang signifikan memang ke fisik Anda. Namuh, berlari juga dapat memberikan dorongan nyata pada kepercayaan diri dan harga diri Anda. Dengan menetapkan dan mencapai tujuan, Anda dapat membantu memberi diri Anda rasa percaya diri yang lebih besar yang akan membuat Anda merasa jauh lebih bahagia.

  1. Meredakan Stres

Stres sebenarnya dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan dan suasana hati. Stres juga bisa mengurangi nafsu makan dan kualitas tidur. Namun, saat Anda berlari, Anda akan memaksa tubuh Anda untuk mengeluarkan energi dan hormon yang berlebihan. Berlari juga membantu mengurangi kemungkinan Anda mengalami sakit kepala karena tegang.

(AR)