Kemen PPPA dan Kalbe Wujudkan Peran Perempuan Dalam Mendukung Ekonomi Bangsa

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dan PT Kalbe Farma, Tbk. Melalui Fatigon meresmikan kolabolari untuk mendukung “Perempuan Kebanggaan Indonesia, Perempuan Wirausaha” di Kantor Kemen PPPA Jakarta pada Senin, 8 Maret 2021 dan tonton oleh para rekan media kurang lebih sebanyak 753 orang melalui zoom.

Kolaborasi ini juga didukung oleh UN Women, UNDP, dan Women’s World Banking yang rencananya akan di lakukan pada 11 provinsi yaitu, Jawa Tengah, NTB, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Kep. Bangka Belitung, Aceh, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo serta papua barat. Hal tersebut dilakukan guna sebagai upaya pemberdayaan perempan dikondisi ekonomi akibat dampak dari covid ini.

Tidak hanya itu,pemerintah turut memberikan perhatian khusus terhadap keberlangsungan UMKM di masa-masa sulit seperti pandemi ini dengan memberikan program subsidi bunga, dukungan pembiayaan dan penjaminan yang akan kembali dilaksanakan di tahun 2021 ini.

Baca juga  Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Fintech dan Digitalisasi Islami

Kemen PPPA juga tidak mau kalah untuk ikut turut andil dengan terus melakukan upaya-upaya mendukung pemberdayaan ekonomi kelompok perempuan secara luas. Seperti menginisiasi pengembangan industri rumahan (IR) sesuai dengan Peraturan Menteri PPPA Nomor 2 Tahun 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang menyampaikan apresiasi atas inisiasi serta kolaborasi yang dilakukan Kalbe Consumer Health melalui Fatigon bersama Kemen PPPA guna mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia melalui program pendampingan kewirauhaan. Karenanya, perempuan adalah wanita yang hebat. Ia tidak hanya menjadi pemimpin dalam usahanya, ia juga mampu menjadi guru untuk anak-anak dan menjadi manager dalam rumah tangganya.

image: Sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga – Kementerian PPPA dan Kalbe

“Saya sangat mengapresiasi inisiasi yang terbentuk antara Kemen PPPA dengan Kalbe Consumer Health melalui Fatigon kepada perempuan Indonesia untuk mendorong pemberdayaan perempuan dan meningkatkan peran perempuan sebagai sosok yang tangguh dalam mendukung perekonomian bangsa dan menjadi perempuan kebanggaan Indonesia,” tutur Menteri Bintang.

Salah satu bentuk program kewirauhaan yang akan dilakukan nanti berupa, pelatihan potensi pengembangan herbal/kerajinan batik, pengembangan basic skill untuk industri rumahan, pendampingan industri rumahan dan juga pameran industri rumahan. Pelatihan ini dilakukan agar menjangkau UMKM kelompok perempuan yang secara luas dan sejalan dengan prioritas Kemen PPPA 2020-2014.

Baca juga  Ingin Membaca Alquran Tapi Sedang Datang Bulan, Harus Bagaimana?

Sementara itu, tubuh yang sehat dan berenergi juga menjadi salah satu modal bagi perempuan untuk berjuang khususnya di masa pandemi ini. Karena semangat dan Perjuangan Perempuan Kebanggaan Indonesia ini lah yang ikut menginspirasi Fatigon sebagai suplemen kesehatan, energi, dan daya tahan tubuh dalam negeri untuk terus berkontribusi mendukung Perempuan Indonesia menggapai mimpi-mimpinya” 

Atas  inovasi Kalbe melalui Fatigon tersebut, akhirnya berhasil dalam memberikan ruang bagi perempuan untuk terus berperan aktif dalam kegiatan pemasaran seperti melibatkan Local Creator Perempuan, stakeholder perempuan di Apotek seperti Apoteker dan frontliner serta SPG (Sales Promotion Girl). 

 Selamat Hari Perempuan International, Scarf Lover! (TS)

Translate »