Cara Terbaik Mengekspresikan Amarah

Scarf Lover tahu tidak, bahwa memiliki rasa amarah itu merupakan hal yang sangat wajar. Melansir Kid’sHealth, penyebab marah bisa beragam. Antara lain saat sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan atau harapan. Atau, bisa juga karena sulit mencapai suatu tujuan.

Menurut Harvard School of Public Health bahwa orang yang mengungkapkan perasaannya secara terbuka lebih sehat daripada mereka yang biasanya menekan emosi yang kuat.

Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat mengekspresikan amarah tanpa menyakiti orang lain?

Menurut Dr. Howard Kassinove selaku Psikolog dan Gangguan kemarahan, menyebutkan bahwa kuncinya adalah menggunakan nada yang tepat tanpa merendahkan orang lain.

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Melansir dari laman psychologytoday.com berikut cara sehat, konstruktif dan positif untuk mengekspresikan amarah.

  1. Tuliskan penyebab kemarahan Anda
Baca juga  WNI di Austria Semarakkan Ramadan dengan Kajian Daring Bersama

Tidak semua orang merasa nyaman ketika menceritakan penyebab dari kemarahannya. Terkadang, berteman dengan diri sendiri dan menuliskan semua penyebab dari kemarahan adalah jalan terbaik untuk meredakan rasa amarah tersebut.

  1. Mengekspresikannya lewat musik

Salah satu cara mengekspresikan rasa amarah ialah melalui musik. Anda dapat memilih lirik atau bahkan membuat lirik lagu yang sesuai dengan keadaan Anda. 

  1. Gambar atau lukiskan amarah Anda

Perlu diketahui, bahwa menggambar dan melukisnya menjadi sebuah seni juga merupakan salah satu cara meredakan amarah. Cobalah ambil cat atau pewarna kemudian goreskan pada selembar kertas dan gambarkan sesuai yang Anda rasakan. Hasilnya akan menjadi sebuah seni yang mampu Anda pajang dikamar dinding Anda. 

  1. Ungkapkan amarah Anda pada benda mati

Mengungkapkan amarah dengan benda mati disekitar bukan berarti Anda membanting barang-barang. Namun, lebih mengekspresikan pada bantal di sofa dan teriaklah sepuasnya. Dalam beberapa menit, amarah Anda yang memendam akan keluar dan akan menjadi lebih rileks dan objektif.

  1. Bicara langsung pada orang yang membuat Anda marah
Baca juga  Mengenal Ceramide dan Manfaatnya untuk Kulit

Setelah melakukan 5 langkah di atas, mungkin rasa amarah Anda tidak kunjung reda. Cara terakhir cobalah langsung mengungkapkan rasa amarah tersebut pada orang yang membuat Anda marah. Bicarakan baik-baik agar menghasilkan jalan keluar terbaik dan tidak menambah masalah baru.

Nah itu dia cara mengekpresikan rasa amarah agar tidak merugikan orang lain. Perlu diingat, gunakan cara tersebut sesuai kebutuhan untuk hidup sehat dan bahagia. Selamat mencoba Scarf Lover!

(TS)

Translate »