5 Cara Jadikan Olahraga Sebagai Kebiasaan

Memiliki kebiasaan olahraga adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan kebugaran, tetapi menciptakan kebiasaan itu terkadang sulit. Itulah mengapa penting untuk membuat kebiasaan. Berikut ini adalah 5 Cara Menjadikan Olahraga sebagai Kebiasaan.

1. Jadikan Itu Sebagai Prioritas

Telah menjadi rahasia umum bahwa banyak manfaat fitness atau olahraga, mulai dari tidur yang lebih nyenyak hingga peningkatan energi, tetapi terkadang ada alasan yang menghalangi Anda untuk tetap menjalankan rutinitas kebugaran, entah itu masalah waktu atau kesibukan lainnya. Tetapi olahraga sama pentingnya dengan hal-hal lain yang Anda tunda. Jadi, menjadikan olahraga sebagai prioritas setiap hari adalah kunci untuk memastikannya benar-benar terjadi. 

2. Buat Rutinitas

Saat baru membuat rutinitas untuk hari Anda (termasuk waktu untuk berolahraga), Anda memiliki kendali lebih besar atas waktu. Jika orang bilang hanya butuh 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan, tapi melewati 21 hari itu jauh lebih mudah jika Anda memulai dengan rutinitas. Beberapa ahli menyarankan untuk berolahraga di pagi hari. Selain itu, memulai hari dengan dorongan kardio dapat membantu menjaga metabolisme tetap menyala sepanjang hari (dan dapat membantu Anda menghindari kebiasaan tidak sehat seperti makan gula untuk sarapan dan makan siang). Tetapi pada akhirnya, waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu yang paling sesuai untuk Anda. Selain itu, Anda mungkin dapat membuat pilihan kebugaran berdasarkan cuaca atau iklim. Kuncinya adalah menemukan waktu yang sesuai untuk Anda dan jadwal Anda sehingga Anda dapat tetap berpegang pada tujuan kebugaran Anda.

Baca juga  Buah Ceri: Nutrisi, Manfaat, Jenis, dan Efek Samping

3. Pilih Sesuatu yang Membuat Anda Semangat

Image: e2fitclub

Jika Anda ingin menjadikan olahraga sebagai kebiasaan, Anda harus menyukai apa yang Anda lakukan. Mencoba menjadikan aktivitas olahraga yang Anda benci menjadi kebiasaan adalah perjuangan yang berat. Alih-alih, jelajahi berbagai kemungkinan aktivitas fisik. Gym tidak cocok untuk semua orang tetapi berjalan kaki, berenang, hiking, berlari, menari, Zumba, atau rebound mungkin cocok untuk Anda. Ada banyak cara untuk berolahraga di luar gym (dan bahkan di rumah Anda sendiri).

Baca juga  Inspirasi Style Hijaber Menggunakan Motif Tie Dye

4. Variasikan Olahraga Anda

Menemukan sesuatu yang Anda sukai memang penting, seperti yang sudah sebutkan di atas, tetapi menemukan lebih dari satu aktivitas bahkan lebih baik. Aktivitas yang berbeda menggunakan otot yang berbeda di tubuh dan merupakan tingkat latihan kardio yang berbeda, jadi ada baiknya untuk memiliki beberapa jenis latihan yang Anda lakukan secara bergilir. Ini juga dapat membantu Anda agar tidak bosan dengan satu aktivitas. Mungkin Anda dapat mencoba aktivitas luar ruangan (berjalan atau hiking), bermain bola voli, dan lainnya.

5. Lakukan saja

Image: unsplash

Salah satu bagian tersulit dalam memulai rutinitas kebugaran baru adalah memulai setiap hari. Cara sederhana untuk membuat diri Anda lebih sering berolahraga adalah dengan membuat aturan bahwa Anda harus memulai latihan pilihan Anda, tetapi Anda tidak harus menyelesaikannya. Katakan pada diri sendiri bahwa jika Anda ingin berhenti setelah 5 menit, Anda bisa. Ingat, lakukan saja.

(AR)

Translate »