Buah Ceri: Nutrisi, Manfaat, Jenis, dan Efek Samping

Buah ceri merupakan subgenus tumbuhan dari Prunus, dengan ciri-ciri memiliki bunga corymbs kecil majemuk, dan memiliki buah yang halus dengan hanya alur lemah di satu sisi, atau tidak ada alur.

Subgenus adalah tanaman asli daerah beriklim belahan bumi utara, dengan dua spesies di Amerika, tiga di Eropa, dan sisanya di Asia (Wikipedia).

Selain itu, dilansir dari everydayhealth “Ceri adalah sumber senyawa sehat yang baik seperti serat, vitamin C, kalium, dan polifenol,” kata Samantha Heller, RD, yang berbasis di New York City. (Polifenol adalah senyawa tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan.)

Fakta Nutrisi Buah Ceri

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu cangkir ceri segar mengandung:

  • Kalori: 95
  • Protein: 1,6 gram (g)
  • Lemak: 0,3 g
  • Karbohidrat: 24 g
  • Serat: 3,2 g 
  • Gula: 19,2 g
  • Kalsium: 20 miligram (mg)
  • Besi: 0,5 mg
  • Magnesium: 17 mg
  • Kalium: 333 mg
  • Vitamin C: 10,5 mg 
Baca juga  Persiapan Barang Bawaan untuk Ibu yang Ingin Melahirkan
Image: unsplash

Manfaat Kesehatan Potensial Dari Makan Ceri

Penelitian menunjukkan bahwa ceri (dalam bentuk segar, kering, dan jus) dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri otot akibat olahraga, menurunkan tekanan darah, meredakan nyeri pada artritis, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu mengontrol kadar gula darah dan lipid pada orang yang menderita diabetes atau obesitas, sertai bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan. Ceri juga kaya akan antosianin, senyawa tanaman dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Ceri mengandung polifenol lain dengan sifat antioksidan serta vitamin C, dan penelitian menunjukkan buah ini secara efektif dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang terkait dengan penuaan dan penyakit. Penelitian juga menunjukkan bahwa ceri dapat membantu orang dewasa dengan insomnia untuk tidur lebih banyak.

Jenis Ceri

Ada dua jenis ceri utama yang biasa dikonsumsi: ceri asam dan ceri manis. Musim ceri manis mulai dari Mei hingga Agustus; mereka adalah jenis yang akan Anda temukan segar di toko bahan makanan pada saat itu. Ceri tart sering digunakan untuk memanggang, dan paling sering tersedia dalam bentuk beku, kering, dan sebagai konsentrat jus atau jus.

Baca juga  3 Cara Unik Menggunakan Himalayan Pink Salt Untuk Rutinitas Kesehatan

Secara keseluruhan, ketika mempertimbangkan manfaat ceri, ingatlah: “Meskipun terdapat bukti bahwa mengonsumsi ceri membantu kondisi kesehatan tertentu, ini bukanlah obat untuk semua. Terlebih lagi, banyak dari penelitian ini menggunakan konsentrat atau bubuk ceri, yang mungkin diberikan dalam jumlah yang lebih tinggi daripada yang biasanya dikonsumsi orang dalam bentuk ceri dan itu tidak sama dengan makan ceri segar.

Jadi, meskipun ceri dapat menjadi bagian dari pola makan nabati yang meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, penting untuk menjaga ekspektasi tetap terkendali.

(AR)

Translate »