Mau Olahraga, Jangan Lupa Lakukan Ini

Sebagian orang sangat memperhatikan kesehatan dengan rutin melakukan olahraga. Namun sayangya, tidak diimbangi juga dengan memperhatikan apa yang dikonsumsi. Padahal, makanan juga perlu diperhatikan bila ingin mendapatkan hasil yang sempurna.

Karena bila masing-masing mendapatkan porsi yang seimbang, tentu akan sesuai dengan hasilnya.

Berikut ini ada beberapa nutrisi penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga. Nutrisi ini akan sangat berfungsi untuk membantu memaksimalkan performa saat olahraga dan meminimalkan kerusakan otot.

1. Karbohidrat

Otot Anda membutuhkan glukosa dari karbohidrat sebagai bahan bakar saat olahraga. Sedangkan, karbohidrat disimpan sebagai glikogen yang dapat digunakan sebagai cadangan energi. Kebutuhan glikogen ini tergantung pada jenis dan durasi olahraga yang Anda lakukan.

Baca juga  Inspirasi Gaya Boyish Ala Sivia Azizah

2. Protein

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi protein sebelum olahraga sangat baik untuk meningkatkan sintesis protein otot, baik untuk pertumbuhan otot, menambah kekuatan dan peningkatan kinerja otot.

3. Lemak

Lemak merupakan sumber bahan bakar untuk latihan intensitas sedang hingga rendah. Orang yang rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung 40% lemak memiliki daya tahan yang lebih baik saat berlari.

Agar lebih maksimal, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung ketiga nutrisi di atas pada saat 2-3 jam sebelum berolahraga. Namun bila tidak memungkinkan, Anda bisa mengonsumsi makanan 45-60 menit sebelum olahraga, dan pastikan tentunya makanan tersebut mengandung karbohidrat dan protein. Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah keditaknyamanan perut selama berolahraga.

Baca juga  6 Ideas Gym Outfit For Hijab

Selain memperhatikan konsumsi makanan sebelum berolahraga, sangat penting juga untuk mengembalikan kembali glikogen serta memperbaiki dan menumbuhkan lagi protein otot yang hilang saat berolahraga.

Untuk itu, disarankan agar mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein 45 menit setelah berolahraga. Setelah mengkonsumsi makanan sebelum dan sesudah olahraga, pastikan agar tidak lupa untuk selalu minum air putih agar selalu terhidrasi.

 (TS)

Translate »