Manfaat Lari Sore untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari olahraga berlari tentu sangat baik untuk kesehatan, menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan. Kebanyakan orang berolahraga pada pagi hari, namun tak jarang yang melakukan kegiatan tersebut di sore hari.

Lalu, apa dampak dan manfaat jika melakukan olahraga di sore dan pagi hari?

Dilansir dari alodokter.com, berikut ini manfaat yang bisa Scarf Lover dapatkan jika berlari di sore hari.

1. Meningkatkan performa dalam berolahraga

Suatu penelitian membuktikan bahwa performa tubuh akan meningkat di sore hari, tepatnya sekitar pukul 2–6 petang. Pada waktu ini, fungsi tubuh, termasuk fungsi otot, berada dalam level yang optimal. Selain itu, pada sore hari penyerapan oksigen dalam tubuh menjadi lebih tinggi.

Baca juga  Jenis Olahraga yang Harus Dihindari Saat Tengah Datang Bulan

2. Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang berolahraga di sore hari cenderung memiliki tidur yang lebih nyenyak dan lebih lama malam harinya. Jika Anda sedang berusaha untuk memperbaiki pola tidur, manfaat lari sore satu ini sangat cocok untuk Anda.

3. Membantu melepas stres

Olahraga, termasuk lari, diketahui dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati. Berlari di sore hari bisa Anda manfaatkan untuk melepas stres dan ketegangan yang melanda seharian, baik saat belajar atau bekerja.

Baca juga  3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Sepatu Lari

4. Membakar kalori makan siang

Makan siang biasanya merupakan waktu makan yang ditunggu-tunggu, apalagi bagi mereka yang harus buru-buru ke kantor dan tidak sarapan di pagi harinya.

Semua ini bisa saja membuat seseorang kalap dan makan banyak di siang hari. Akhirnya, kalori makan siang menjadi kelewat besar. Jika ini terjadi pada Anda, manfaatkan lari sore sebagai pembakar kalori-kalori tersebut. Trik ini bisa menghindarkan Anda dari obesitas jika dilakukan secara konsisten.

Translate »