Segera Hindari, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Keramas

Tidak hanya area wajah, rambut juga harus selalu diperhatikan kebersihannya dengan cara rutin melakukan keramas pada saat mandi.

Namun sayangnya, kegiatan keramas ini ternyata masih banyak yang salah dalam cara melakukannya. Kebanyakan orang justru tidak menyadarinya sehingga membawa dampak buruk nantinya.

Mengutip laman byrdie.com, di bawah ini ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat sedang keramas.

image: pexels

1. Tidak membasahi rambut secara menyeluruh

Saat akan menggunakan sampo, pastikan Anda sudah membasahi rambut secara menyeluruh sampai ke bagian dalam. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan agar proses pembersihan semakin maksimal.

2. Terlalu banyak menggunakan sampo

Kebersihan rambut tidak diukur dari seberapa banyak penggunaan samponya. Maka dari itu, gunakan saja secukupnya, disesuaikan dengan rambut. Pastikan tidak terlalu banyak ataupun sedikit, kemudian oles secara merata sampai ke bagian dalam rambut.

Baca juga  Merayakan Anniversary 2 Tahun, Aeris Kolaborasi dengan Alodita

3. Melewatkan kulit kepala

Saat keramas, jangan hanya fokus ke batang rambut yang terasa lepek, namun juga beri perhatian pada kulit kepala. Gosok dan pijat area kulit kepala secara lembut selama tiga menit untuk menghilangkan kotoran, sebum yang menumpuk.

4. Tidak membilas secara menyeluruh

Saat dirasa sudah bersih, bilas rambut secara menyeluruh jangan sampai meninggalkan residu-residu sampo di kulit kepala karena akan menyebabkan ketombe. Untuk Anda yang biasa melakukan dua kali pencucian dikarenakan memiliki rambut yang tebal juga harus memastikan membilas sampai benar-benar bersih.

5. Kekeliruan dalam mengaplikasikan kondisioner

Baca juga  Dilarang Minum Es Saat Datang Bulan. Apa Benar?

Untuk menggunakan kondisioner pun ada triknya, jangan samakan saat menggunakan sampo. Gunakan kondisioner hanya di dua pertiga bagian bawah rambut untuk mencegah kulit kepala dan akar Anda menjadi terlalu berminyak karena kulit kepala menghasilkan minyak alami. Setelahnya pun sama, bilas sampai bersih.

6. Menghindari membilas rambut dengan air dingin

Segera hentikan bila Anda hanya selalu membilas rambut dengan menggunakan air panas. Karena, air panas dapat membuka kutikula sehingga proses pembersihan semakin maksimal. Namun terbukanya kutikula juga harus segera ditutup dengan menggunakan air dingin. Kutikula yang lebih rata memiliki permukaan yang lebih halus, yang memantulkan cahaya dan membuat rambut terlihat lebih berkilau.

(AA)

Translate »