Bukan direndam, Ini dia Cara Mudah Bersihkan Alat Makeup yang Benar!

Scarflovers, seberapa sering Anda membersihkan alat make up?

Coba ingat-ingat, merawat dan membersihkan alat makeup adalah salah satu bagian terpenting dari rutinitas kecantikan yang sering sekali terabaikan.

Semua peralatan make up yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah, seperti kuas, spons, atau beauty blender, harus dijaga kebersihannya secara teratur.

Penggunaan peralatan make up yang kotor pada kulit wajah dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kulit, termasuk timbulnya jerawat.

Apa Resiko yang Muncul Ketika Tidak Membersihkan Kuas Make Up?

Menurut American Academy of Dermatology Association, kuas makeup rentan menumpuk sisa makeup, debu, dan minyak, menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Risiko kesehatannya pori-pori akan tersumbat, muncul jerawat, infeksi bakteri, iritasi kulit, dan keriput. Selain itu, membersihkan secara rutin memperpanjang usia pakai kuas hingga bertahun-tahun atau seumur hidup.

Maka dari itu, disarankan untuk rutin membersihkan alat make up agar awet dan performanya maksimal.

Baca juga  Teknik Dasar Contouring Buat Wajah Lebih Tegas

Berikut, Scarf Media telah merangkum cara membersihkan alat make up yang baik dan benar seperti yang dilansir dari Beauty Tips Online.

1. Gunakan air hangat

Jangan rendam alat makeup, sebab hal ini bisa berisiko mengurangi bulu dan melonggarkan lem yang menyatukannya. Scarflovers bisa memegang kuas dibawah air hangat yang mengalir.

2. Pilih produk sabun pembersih alat makeup yang tepat

Image: Freepik

Sabun pembersih khusus makeup tentu mampu bekerja dengan optimal untuk menghilangkan sisa makeup dan kotoran yang menempel pada alat makeup.

Tetapi, jika Anda tidak memilikinya di rumah, bisa menggunakan sabun yang berbahan gantle contohnya sabun bayi atau sabun pembersih wajah yang lembut. Scarflovers tidak perlu khawatir, mereka juga sama efektifnya dalam membersihkan alat makeup, kok!

3. Cuci dengan sabun dan bilas

Baca juga  4 Keunggulan Lip & Cheeck Tint, Produk Kosmetik Andalan Wanita Karier

Scarflovers bisa menuangkan sedikit sabun pembersih di dalam wadah kecil. Kemudian, basahi kuas dengan air hangat. Saat membasahi kuas, cukup basahi pada bagian bulunya saja. Pastikan untuk mengarahkan bulu kuas ke bawah. Cara ini untuk mencegah air merembes ke area bawah tangkai yang dapat merusak lem bulu bulu kuas dari waktu ke waktu.

4. Keringkan

Pastikan mencuci alat makeup benar-benar bersih, selanjutnya siapkan kain bersih atau handuk mikrofiber. Gosokkan alat makeup secara lembut ke atasnya, untuk membantu menyerap kelebihan air dan menghilangkan sisa produk pembersih yang mungkin tertinggal. Kemudian, biarkan kuas dan beauty blender/spons makeup dan mengering dengan sempurna.

Itulah 4 empatcara mudah untuk membersihkan alat makeup. Menggunakan alat makeup yang bersih merupakan salah satu faktor penting dalam mendapatkan hasil riasan yang sempurna dan flawless.

Translate »