Tips Jitu Agar Anak Fokus Belajar di Rumah

Hingga saat ini, kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring dari rumah masing-masing. Keterbatasan jarak akibat pandemi Covid-19 tentunya membuat anak sering merasa jenuh terutama saat harus belajar online.

Alhasil, anak menjadi tidak focus dan malah main-main saat sedang belajar. Meski sudah menyiapkan waktu bermain sendiri, anak yang sudah terlanjur merasa jenuh kerap kali tidak menghiraukannya. Otomatis Anda harus memutar strategi bagaimana cara agar anak bisa fokus belajar hingga selesai.

Namun jangan khawatir, karena Scarf Media akan memberikan tips jitu agar anak fokus belajar seperti yang dilansir di laman bbc.co.uk.

Baca juga  Musim Hujan, Ini Rekomendasi Kegiatan Indoor untuk Si Kecil
image: pixabay

1. Usahakan untuk memberikan suasana yang nyaman

Caranya adalah menggunakan metode belajar yang menyenangkan, jadi tak harus selalu belajar di meja belajar. Anda bisa sekaligus mengajaknya menonton video interaktif sehingga si anak lebih semangat untuk belajar. Karena jika hanya terpaku pada meja dan buku, justru akan semakin bosan.

2. Buat mereka tetap aktif

Kegiatan belajar di rumah membuat anak menjadi terpaku pada pelajaran. Namun untuk anak yang masih usia belia, kerap kali tak merasa nyaman karena masih ada perasaan ingin bermain. Anda bisa cari suasana baru untuk belajar di halama rumah.

Baca juga  Dimana Lemak Tubuh Saat Berat Badan Menurun?

3. Pastikan anak sudah kenyang

Saat lapar, anak kecil biasanya mudah rewel. Terkadang ini bisa jadi alasan dia untuk malas belajar. Bila hal ini terjadi, sebelum mulai belajar, pastikan bahwa anak sudah makan terlebih dahulu hingga kenyang agar bisa lebih mudah konsentrasi.

4. Pastikan waktu belajar

Buatlah komitmen pada jam belajar. Misalnya harus belajar setiap hari dalam 3 jam. Anda harus menjaga komitmen itu. Ajak anak untuk bisa menyelesaikan target belajar agar setelahnya bisa bebas bermain. Dijamin, anak pasti jadi jauh lebih fokus.

Mudah kan, Scarf Lover? Selamat mencoba ya! (AA)

Translate »