Ini Peran Seorang Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Seorang ibu dikenal sebagai orang paling pertama. Karena berkat perjuangannya, kita bisa dilahirkan ke dunia. Kasih sayang ibu tidak akan pernah ada duanya.

Namun, perjuangan seorang ayah juga tentunya tidak bisa dilupakan begitu saja. Ada peran ayah dibelakang kita yang selalu berusaha keras untuk mendorong dan memberi dukungan pada anaknya setiap saat meski kerap kali tak terlihat.

Sosok ayah juga teramat penting bagi kehidupan anak-anaknya. Ayah bisa menjadi seorang yang memiliki peran begitu istimewa dalam menemani tumbuh kembang anak, seperti yang dikutip dari laman Child Crisis Arizona.

image: unsplash

1. Meningkatkan akal anak

Cara merawat ibu dan ayah tentu berbeda. Sang ayah cenderung lebih memikirkan logika sehingga terkadang dirinya suka melakukan hal-hal yang konyol pada anakanya. Seorang ayah yang aktif dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan juga akal sang anak untuk dapat memecahkan suatu persoalan. Anak-anak yang lebih dekat dengan ayahnya cenderung memiliki keingintahuan yang lebih besar.

Baca juga  Pesawat Lion Air Jatuh di Tanjung Karawang

2. Memberi dukungan emosional

Bisa dikatakan bahwa ayah juga akan memberikan dukungan emosional paling besar untuk anaknya. Ayah punya cara tersendiri untuk memberi pemahaman ada anak mereka betapa sayangnya ayah pada anak-anaknya. Anak yang dekat dengan ayah dapat berani untuk melawan rasa takut tentang apapun. Ayah selalu memberi keyakinan pada anaknya untuk bisa tumbuh menjadi anak yang berani.

3. Menjadi perhatian

Ayah memberikan teladan laki-laki yang positif bagi anak-anak mereka dan membantu mempromosikan / memperkuat perilaku yang baik. Saat beranjak dewasa, anak akan tumbuh jadi seseorang yang perhatian dan punya jiwa sosial tinggi, penyayang dan juga murah hati.

Baca juga  Pola Mengasuh Anak ala Skandinavia, Sudah Pernah Coba?
image: unsplash

4. Memberikan perspektif yang berbeda

Setiap waktu, anak-anak selalu dipenuhi dengan pertanyaan. Untuk menjawabnya, ayah dan ibu selalu punya pandangan atau perspektif yang berbeda dalam melakukan pendekatan. Seorang ayah cenderung lebih membagikan perspektif tentang kehidupan dan mengajari anaknya untuk memiliki ketrampilan hidup agar lebih berharga.

5. Merasakan cinta

Memiliki ayah yang aktif akan membuat anak merasa disayangi. Alhasil, anak bisa tumbuh menjadi seorang yang kuat, sehat dan juga bahagia.

(AA)

Translate »