Cara Mengatasi Anak yang Lebih Suka Ngemil

Jika anak suka makan, tentunya ibunya sangat senang karena anaknya tidak rewel dan jadi banyak asupan nutrisi. Itu salah satu kelebihan jika anak suka makan. Tetapi, bagaimana jika anak juga suka ngemil atau jajan? Jika jumlahnya tidak berlebih itu baik, tapi kalau sudah kelebihan bisa jadi menimbulkan risiko kegemukan, hingga obesitas. Untuk mengatasinya, berikut caranya.

Image : Freepik
  1. Beri Contoh

Apakah kebiasaan ngemil berasal dari keluarganya sendiri? Kalau iya Scarflover harus kontrol juga kebiasaan ngemil berlebih. Hal tersebut agar dicontoh oleh anaknya. Karena kebiasaan yang kita lakukan di rumah adalah salah satu dasar anak melakukan sesuatu.

Baca juga  Tidak Hanya Fun, Berikut 5 Manfaat Mengajak Anak Berkebun

 

  1. Atur Waktu Makan dan Ngemil

Cara efektif mengurangi ngemil berlebih adalah dengan mengatur waktu kapan harus ngemil. Sebaiknya hindari memberi waktu ngemil menjelang makan siang atau makan malam. Hal ini dikarenakan kalau sudah kenyang karena ngemil anak jadi susah utuk makan besar. Mungkin bisa diatur saat satu jam setelah makan besar. Memberi waktu atau jadwal ngemil juga bisa melatih kedispllinan anak sejak dini.

 

  1. Beri Penjelasan Dampak Ngemil Berlebih
Baca juga  Cara Membuat Gelato Italia Asli

Ketika orang tua memberi suatu aturan seharusnya dibarengi juga dengan sebabnya agar anak mengetahui mengapa diberi aturan tersebut. Salah satunya mengatur kebiasaan ngemil pada anak, ia juga harus tau dampak negatif jika ngemil berlebih, Salah satunya adalah risiko obesitas.

Dengan begitu anak jadi lebih berhati-hati.

 

  1. Berikan Cemilan yang Tepat

Tidak lupa edukasikan anak untuk memilih cemilan yang tepat dan sehat berdasarkan kandungan gizinya. Seperti, kandungan kadar gula, kadungan kolesterol, dan kebersihan itu perlu diperhatikan ketika memilih cemilan untuk anak.

Translate »