Pisang Epe, Camilan Manis Khas Makassar yang Menggugah Selera

Pisang dikenal sebagai salah satu tanaman yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan. Sehingga tak ada satu sisi yang sia-sia dari tanaman ini.

Ada banyak sekali hidangan yang memanfaatkan pisang sebagai salah satu bahan utamanya, salah satu yang mungkin saja belum banyak orang tahu adalah pisang epe.

Pisang epe merupakan salah satu kuliner khas Makassar yang terbuat dari pisang. Memiliki citarasa yang manis, camilan ini dapat menggoyangkan lidah Anda dengan kenikmatannya.

Baca juga  3 Spot Foto Instagramable di Jakarta
image: cookpad (nanacuisine_)

Selain pisang ijo, pisang epe juga memiliki banyak sekali peminatnya. Sehingga makanan ini menjadi hal wajib yang tak boleh Anda lupakan bila mengunjungi kota Makassar. Sangat cocok menyantap hidangan pisang epe untuk teman minum teh sambil melihat keindahan alam Pantai Losari. Sempurna!

Pisang epe terbuat dari pisang raja yang sebelumnya sudah dipipihkan dan juga kemudian dibakar. Rasa manis yang didapat berasal dari siraman gula merah cair.

Baca juga  Wow, Maskara Ini Mampu Memberikan Efek Lash Lift Tanpa ke Salon

Kenapa dinamakan pisang epe?

Hal tersebut dikarenakan proses pembakarannya dengan cara menjepit pisangnya. Dalam Bahasa Makassar, epe artinya jepit. Jadi bisa disimpulkan bahwa pisang epe artinya pisang jepit.

Tak hanya gula merah atau gula aren yang dicairkan sebagai topping, namun seiring dengan perkembangan, banyak modifikasi lain yang semakin menambah citarasa kelezatan pisang epe, seperti menggunakan es krim ataupun durian. (AA)

Translate »