Mengenal Kulit Kepala Kering, Tampilan yang Mirip Ketombe

Area kepala merupakan area yang kerap kali terlupakan oleh kita, dan seringkali tidak terlalu dirawat dengan baik. Padahal jika sudah mengalami maslaah serius tentu akan lebih sulit lagi untuk mengatasinya lho, Scarf Lover.

Biasanya masalah di area kepala yang sering dialami adalah kulit kepala yang terasa sangat kering hingga akhirnya bisa mengelupas. Mungkin Anda sering mengira bahwa itu adalah ketombe. Ternyata bukan, Scarf Lover. Hal tersebut melainkan sebuah tanda dimana kulit kepala Anda mengalami jenis yang kering.

image: skindeepr.com

Memang kelihatannya sama, karena kulit kepala yang kering dan juga ketombe seringkali membuat serpihannya terjatuh dan terasa sangat gatal. Namun keduanya memiliki kondisi yang berbeda.

Baca juga  Pakai Face Shield Tanpa Masker, Bagaimana?

Ketombe biasanya disebabkan oleh banyaknya jumlah kadar minyak yang menumpuk pada kulit kepala yang akhirnya menyebabkan terlepas. Sedangkan kulit kepala kering disebabkan oleh kulit kepala yang mengalami iritasi akibat kelembapan yang terlalu sedikit dan akhirnya membuat terkelupas.

Adapun faktor-faktor penyebab kulit kepala kering adalah udara dingin dan kering, dermatitis kontak yang disebabkan oleh ketidakcocokan atau reaksi terhadap sebuah produk perawatan rambut, atau memang faktor usia yang menua.

Untuk masalah kulit kepala kering, biasanya akan berdampak pula pada area di bagian tubuh lain yang juga akan mengalami masalah serupa.

Baca juga  Norma Hauri Menampilkan Gaya Hijab Victorian Style Dalam Koleksi Terbarunya

Salah satu cara untuk membedakan antara kulit kepala kering dan juga ketombe adalah dari penampilannya.

image: mediceuticalsusa.com

Serpihan dari ketombe selalu berjumlah banyak dan terlihat beminyak. Sedangkan kulit kepala kering terlihat berukuran kecil, sedikit bersisik dan juga berkerak. Keduanya akan terasa gatal.

Bicara soal perawatan, Anda bisa menggunakan produk sampo yang khusus untuk mengatasi ketombe yang banyak dijual di pasaran. Namun bila dirasa semakin parah dan membuat Anda tidak nyaman, bisa konsultasikan pada dokter. Sedangkan untuk maslaah kulit kepala kering, Anda bisa menggunakan produk sampo dan juga kondisioner yang tujuannya melembabkan. (AA)

Translate »