Kemenparekraf Gelar Trip of Wonders untuk Publikasi Daerah Wisata yang Mengikuti Protokol Kesehatan

21

Bertujuan untuk mempublikasikan destinasi wisata di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomo Kreatif menggelar kegiatan Trip of Wonders.

Kegiatan ini juga sekaligus mempublikasikan pariwisata Indonesia yang sudah menerapkan protokol Kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Pertama kali kegiatan Trip of Wonders dilakukan di Bogor, Bintan dan Yogyakarta 4-12 Oktober. Nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap di enam destinasi.

Nia Niscaya selaku Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf mengatakan bahwa seluruh destinasi pariwisata di Indonesia telah menerapkan protokol kesehatan yang berbasis CHSE. Akan tetapi selain itu juga diperlukan adanya kerja sama dengan para stakeholder agar bisa mempublikasikan penerapannya.

“Oleh karena itu, Kemenparekraf menginisiasi kegiatan Trip of Wonders yang merupakan program familiarization trip, untuk mengenalkan dan mempublikasikan destinasi pariwisata di Indonesia khususnya destinasi yang sudah siap dalam menerapkan protokol kesehatan, dengan menggandeng key opinion leader tanah air,” tutur Nia.

Kegiatan ini juga menggandeng para Key Opinion Leader (KOL), dimana nantinya para KOL ini akan mempublikasikan tentang penerapan protokol kesehatan di banyak destinasi pariwisata di Indonesia lewat media sosialnya.

Para KOL tersebut diantaranya Cindy Lauw, Patricia Ranieta, Mario Caesar, Dimas Ramadhan, Yuki Anggia, Debi Sagita, Eka Situmorang, Kelsey Vaughne, Zacka Mega, Veronika Desi, dan Aggie.

image: kemenparekraf.go.id

Nia Niscaya mengungkapkan bahwa memang hal tersebut sangat diperlukan agar masyarakat juga lebih mengetahui daerah wisata mana saja yang telah menerapkan protokol kesehatan tersebut.

Ada banyak sekali tempat wisata yang dikunjungi oleh para key opinion leader saat kegiatan pertama Trip of Wonder, diantaranya yang pertama saat di Bogor mereka mengunjungi Leuwi Hejo, Taman Budaya Sentul, Kebun Raya Cibodas serta Taman Safari. Dilanjutkan dengan destinasi di Bintan, yakni ke Bintan Mangrove, White Sands Islan, hingga ke Treasure Bay.

Terakhir di Yogya, mereka mengunjungi Desa Wisata Karanganyar, Omah Kecebong, Gumuk Pasir Parangkusumo, Ladang Bunga Matahari dan Candi Ratu Boko.

Selama disana, mereka tetap menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, jaga jarak, cuci tangan serta melakukan pengecekan suhu tubuh.

Terakhir, Nia Niscaya berharap agar gelaran ini membuat masyarakat bisa kembali percaya untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Indonesia. (AA)