Gandeng Markoding, Magnifique Indonesia dan Yayasan Dian Sastowardoyo Ingin Asah Coding Para Siswa

21

Dunia Teknologi, Informasi dan Komunikasi saat ini tengah berkembang pesat, sebagai salah satu ilmu TIK, teknik coding atau pemrograman computer juga tengah banyak diminati dan sudah sangat luas dikenal oleh masyarakat.

Namun sayangnya, tak banyak ketersediaan tenaga kerja yang berasal dari bidang ini. Karena berdasarkan sebuah laporan dari konsultan keuangan Inggris KPMH yang dikutip riset Singapore Management University dan JP Morgan, diperkirakan pada akhir 2030, negara kita akan kekurangan tenaga coding sebanyak 9 juta orang.

Hal ini tentunya disebabkan oleh banyaknya keterbatasan. Padahal, tak butuh waktu lama untuk mempelajari coding. Melihat hal ini, muncul inisiatif dari Magnifique Indonesia dan juga Yayasan Dian Sastrowardoyo untuk menggelar sebuah webinar yang membahas mengenai coding bersama dengan Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa).

Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi para siswa tentang ilmu coding. Webinar M-Class ini diikuti oleh 100 siswa bersama dengan narasumber seperti Amanda Simandjuntak (Co-Founder Markoding) dan dipandu oleh William Hendradjaja (Co-Founder Skilvul).

Dian Sastowardoyo menuturkan bahwa saat ini kebutuhan sector digital tengah membuka pintu yang seluas-luasnya untuk para siswa. Dengan bantuan Markoding, dirinya ingin para siswa ikut tertarik dengan bidang ini sehingga dapat menjadi pilihan informal yang tentunya bermanfaat.

image: magnifique indonesia

“Kondisi pandemi ini seharusnya tidak menghalangi minat mereka untuk memperluas wawasan,” ujar Dian Sastrowardoyo.

Tak hanya Dian, Amanda Simandjuntak juga berpendapat hal yang sama, bahwa masih terdapat berbagai macam kelangkaan akses bagi siswa yang kurang beruntung untuk bisa terjun menjadi praktisi coding. Dibentuk pada 2017, Markoding bertujuan untuk membantu atasi kesenjangan tersebut melalui penyediaan pendidikan coding dalam waktu yang singkat dan bisa langsung diterapkan.

Kegiatan webinar ini dilakukan selama 120 menit yang telah memaparkan segala informasi-informasi dasar mengenai coding yang bisa dipelajari secara berkala oleh Markoding. (AA)